kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bapepam-LK Panggil Bakrie Life Pekan Depan


Jumat, 16 April 2010 / 16:16 WIB
Bapepam-LK Panggil Bakrie Life Pekan Depan


Reporter: Fransiska Firlana , Irma Yani | Editor: Johana K.

JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan memanggil jajaran manajemen dan pemegang saham PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) pekan depan. Hal itu dilakukan menyusul masih tersendatnya pengembalian dana nasabah Bakrie Life produk Diamond Investa (DI).

Kepala Biro Perasuransian Bapepamk-LK Isa Rachmatarwata mengatakan, pihak Bakrie Life menjanjikan pengembalian dana nasabah DI tahap pertama paling lambat minggu ini.

"Tapi dari pemantauan kami sampai tadi pagi, tampaknya peluang itu semakin tipis untuk pembayaran sampai akhir minggu ini," kata Isa, Jumat (16/4). Karena itulah, pihak Bapepam-LK akan memanggil managemen Bakrie Life termasuk pemegang sahamnya yakni Bakrie Capital Indonesia (BCI) awal pekan depan.

Isa mengatakan, pemanggilan itu dimaksudkan untuk meminta keterangan manajemen Bakrie Life. Selain itu, Bapepam-LK juga akan mendesak manajemen untuk segera memenuhi janjinya kepada para nasabah. "Selama ini, kami memang mempertahankannya, tidak mencabut izin usaha Bakrie Life, tapi hal itu dimaksudkan supaya kami bisa memantau performance janji mereka melunasi utang pada nasabah," tuturnya.

Isa menandaskan, pihaknya pesimis Bakrie Life bisa merealisasikan pembayaran tahap awal dalam minggu ini, karena hingga tadi pagi ketika Bapepam melakukan cek, pihak Bakrie Life menuturkan bahwa dananya belum ada. "Karena pembayaran itu tergantung kucuran dana dari pihak pemegang saham dan hingga pagi tadi dananya belum masuk ke Bakrie Life," ucap Isa.

Isa menuturkan, kalaupun Bakrie Life diberikan perpanjangan waktu atau keleluasaan dalam pemenuhan kewajiban pada nasabah, tapi ternyata tak terlaksana, maka perpanjangan waktu menjadi tak berarti lagi. "Itu kan, jadi tidak ada artinya lagi. Jadi mau dicabut atau tidak dicabut, intinya kalau mereka wanprestasi ya sudah," tuturnya.

Lebih dari itu, menurut Isa, pencabutan izin bagi suatu entitas yang besar itu bukanlah sesuatu yang baik.

Selain dengan pihak manajemen dan pemegang saham, pihak Bapepam-LK juga akan mengkomunikasikan hal tersebut dengan para nasabah Bakrie Life. "Setelah bertemu dengan manajemen, kami akan mengomunikasikan hal ini pada nasabah. Supaya lebih ada gambaran, soal bagaimana kemampuan Bakrie Life dalam melakukan pembayaran tahap pertama. Yang jelas kami akan melakukan sesuatu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×