kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA Gelar UMKM Fest 2022, Dorong Pertumbuhan Bisnis UMKM


Jumat, 12 Agustus 2022 / 15:04 WIB
BCA Gelar UMKM Fest 2022, Dorong Pertumbuhan Bisnis UMKM
ILUSTRASI. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menghadirkan BCA UMKM Fest.?(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk )BCA) berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya dengan kembali menghadirkan BCA UMKM Fest. Tahun ini, BCA UMKM Fest 2022 diselenggarakan secara hybrid, kegiatan offline dihelat pada 12-14 Agustus 2022 di Gandaria City, Jakarta.

Perhelatan online dilaksanakan pada 12 Agustus hingga 12 September 2022 di umkmfest.bca.co.id. Lebih dari 1.000 UMKM mengikuti kegiatan ini.

Direktur BCA John Kosasih mengatakan, melalui BCA UMKM Fest, perseroan menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM. 

“Penyelenggaraan BCA UMKM Fest ini bukan hanya mendorong perkembangan pelaku UMKM dan industri kreatif memenuhi pasar domestik tetapi juga membuka peluang go international melalui kegiatan Business Matching yang ada dalam rangkaian kegiatan ini,” ujar John dalam keterangannya, Jumat (12/8).

Baca Juga: Bank Besar Terus Merajai Transaksi Mobile Banking

Dalam kegiatan Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden mempersembahkan 86 UMKM untuk mendapatkan kesempatan ke dalam pasar internasional.

BCA menggandeng pelaku UMKM dan industri kreatif yang bergerak di berbagai industri, seperti makanan dan minuman, hobi, fashion, hingga kesehatan dan kecantikan. 

Selain para pelaku UMKM nasabah BCA, kegiatan BCA UMKM Fest juga diikuti oleh lebih dari 300 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia, dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. 

BCA bekerjasama juga dengan mitra e-commerce, yaitu Blibli dan Grab yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Bagi pengunjung yang hadir secara langsung ke UMKM Fest 2022, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai program menarik seperti Cashback Rp 50.000 dengan QRIS BCA, Cashback hingga Rp 150.000 dengan Kartu Kredit BCA dan Program Double Value Voucher Reward BCA.

Pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia terlihat dari besarnya kontribusi sektor UMKM yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia serta banyaknya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini. 

Baca Juga: BCA Punya Program FriDeals, Ada Diskon Hingga 50% Khusus Nasabah BCA

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga Maret 2021 lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB mencapai 61,07% atau Rp8.573,9 triliun. UMKM juga mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia.

Sebagai informasi, hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp 94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6% secara tahunan (year on year/yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×