Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - Sejumlah nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengeluhkan gangguan pada aplikasi BCA Mobile dan MyBCA Senin (29/9/2025) pagi.
Berdasarkan pantauan Kompas.com, keluhan mulai bermunculan sekira pukul 06.00 WIB. Nadia (24), salah satu nasabah, mengaku kesulitan saat hendak melakukan top up saldo dompet digital.
“Awalnya aku mau isi saldo dompet digital lewat virtual account. Tapi loading terus, tulisannya ‘sending’. Padahal lampu indikator di kanan atas itu ijo. Aku kira koneksi internetku yang lemot. Tapi pas buka aplikasi lain bisa-bisa aja. Lalu aku keluar aplikasi, terus masuk lagi. Aku coba cek saldo, tulisannya masih sama. Pas cek di X, ternyata banyak yang ngeluhin M-Banking error juga,” kata Nadia kepada Kompas.com, Senin.
Kendala serupa dialami Abdul (40) yang hendak melakukan transaksi rutin di awal pekan.
“Bikin repot Senin pagi malah error, padahal mau transfer dan bayar ini itu buat pekan ini. Saya kira M-Banking saya ada masalah soalnya tandanya masih warna hijau, eh enggak tahunya BCA emang lagi error,” tutur Abdul.
Baca Juga: Dukung UMKM Tembus Pasar Global, Begini Langkah BCA
Ramai Dikeluhkan di Media Sosial
Gangguan tersebut ikut menjadi perbincangan di media sosial X. Sejumlah warganet melaporkan masalah yang sama.
“MyBCA dan BCA Mobile, sama-sama tidak bisa diakses. Mari kita lihat, seberapa lama BCA bisa handle error ini. Dulu sih, hitungan menit, gak tahu sekarang,” tulis @taofikmuhammad.
“My BCA dan BCA Mobile error. Tumben banget lama erornyaa :((" tulis akun @Lforloved.
Sementara itu, warganet lainnya mengaku sudah melakukan transfer namun tidak dapat memastikan transaksi tersebut karena gangguan ini.
“BCA error? Gua abis transfer uang ke BCA, uangnya dah kepotong tapi dari BCA nya malah begini,” tulis akun @detejktif.
Permintaan Maaf Pihak BCA
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyampaikan permintaan maaf atas gangguan layanan aplikasi digital pada Senin (29/9/2025) pagi.
EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menjelaskan, tim tengah berupaya melakukan pemulihan sistem.
"Sehubungan dengan kendala yang dialami nasabah saat bertransaksi dengan produk layanan BCA, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Hera dalam keterangan tertulis, Senin.
Hera mengingatkan nasabah tetap berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan BCA.
Tonton: Marak RDN Sekuritas Dibobol Serangan Siber, Terbaru RDN Panca Global di BCA
"Jaga selalu kerahasiaan data perbankan Anda!" ujar dia.
Sebagai langkah sementara, nasabah disarankan memeriksa koneksi internet, me-restart aplikasi atau ponsel, hingga memperbarui aplikasi ke versi terbaru.
Jika masalah berlanjut, pengguna dapat menghubungi Halo BCA melalui telepon 1500888, WhatsApp 08111500998, aplikasi haloBCA, akun X @HaloBCA, webchat www.bca.co.id, atau email halobca@bca.co.id.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BCA Mobile dan MyBCA Error Senin Pagi, Nasabah Keluhkan Tak Bisa Masuk Aplikasi"
Selanjutnya: Dolar Tertekan Senin (29/9) Pagi, Jelang Rilis Data Ekonomi dan Ancaman Shutdown
Menarik Dibaca: Redmi 13X Smartphone Murah yang Berani Pakai Kamera Utama 108 MP, Ini Detailnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News