kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA Ogah Bikin Student Loan, Lebih Pilih Berikan Beasiswa Mahasiswa


Selasa, 27 Februari 2024 / 18:20 WIB
BCA Ogah Bikin Student Loan, Lebih Pilih Berikan Beasiswa Mahasiswa
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di salah satu bank swasta di jakarta, Senin (5/10). Merujuk catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Agustus 2020 rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan ada di level 23,16%. Posisi itu bahkan meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 22,96%./pho KONTAN/Caarolus Agus Waluyo/05/10/2020.


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Balada pinjaman online (pinjol) masuk kampus, sejumlah perbankan memulai inisiatif baru menghadirkan student loan untuk membantu mahasiswa mengatasi masalah finansial.

Tetapi dibanding memberi pinjaman, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA justru memilih untuk mendukung pendidikan anak Indonesia lewat pemberian beasiswa. 

Baca Juga: OJK Telah Bertemu Dengan Fintech Lending yang Salurkan Pinjaman di Bidang Pendidikan

Program beasiswa itu pun berjalan sejak 1999 dan telah disalurkan kepada lebih dari 7.500 penerima beasiswa. Adapun pada tahun lalu beasiswa bakti BCA diberikan kepada 900 mahasiswa dari 19 Perguruan Tinggi di Indonesia

“Komitmen kami kepada pendidikan diwujudnyatakan melalui berbagai bantuan pendidikan Beasiswa Bakti BCA, termasuk pelatihan soft skill yang akan bermanfaat di dunia kerja,” kata Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn kepada Kontan.co.id, Selasa (27/2).

Baca Juga: KPPU Sebut Sedang Memproses Panggilan ke 4 Fintech Lending Soal Student Loan

Hera menjelaskan bahwa beasiswa yang diberikan merupakan biaya penuh pendidikan dan uang saku.

Bank swasta ini juga bekerjasama dengan berbagai mitra untuk memberikan donasi beasiswa kepada lebih dari 200 orang mahasiswa di seluruh Indonesia.

Selama bertahun-tahun memberikan beasiswa, BCA masih mencatatkan kinerja positif.

Baca Juga: Bank DKI Beri Kemudahan Akses Pinjaman Biaya Pendidikan Mahasiswa Gunadarma

Tahun lalu, bank milik Grup Djarum ini berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 48.6 triliun, serta peningkatan pendapatan bunga bersih mencapai Rp75,4 triliun atau tumbuh 17,5% secara tahunan.

Selaras dengan itu, penyaluran kredit juga bertumbuh 13,9% (YoY) menjadi 810,4 triliun. 

Adapun diketahui terdapat dua bank yang menawarkan student loan untuk mahasiswa.

Misalnya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tengah menyiapkan produk kredit itu kepada mahasiswa di beberapa perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Airlangga (Unair). 

Sementara itu, PT Bank DKI sudah lebih dahulu meluncurkan program pinjaman itu dengan menggandeng Universitas Gunadarma sebagai tempat penyaluran pinjaman uang kuliah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×