kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Begini cara cek aplikasi pinjol yang bisa intip nomor kontak teman di ponsel


Jumat, 03 September 2021 / 05:45 WIB
Begini cara cek aplikasi pinjol yang bisa intip nomor kontak teman di ponsel

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hati-hati dengan pinjaman online (pinjol) yang menawarkan pinjaman cepat. Pasalnya, jika tidak hati-hati, pinjol bisa membuat peminjam dana gagal bayar dan terlilit utang dengan bunga tinggi. 

Beberapa layanan pinjol, khususnya pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), diketahui bisa menagih utang dengan cara mengintimidasi dan tidak sesuai etika. Bahkan teman si peminjam ikut menjadi korban karena diteror oleh penyedia pinjol tersebut. 

Ini dapat terjadi jika aplikasi pinjol diberikan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel. 

Untuk mencegah ketidaknyamanan seperti itu, ada baiknya cermati dulu izin alias permission yang diminta oleh aplikasi pinjol sebelum memutuskan untuk mengunduhnya ke ponsel. 

Anda bisa melakukannya dengan mudah di toko aplikasi Android Google Play Store. 

Baca Juga: Lawan pinjol ilegal dengan menggencarkan literasi keuangan

Cara cek apakah aplikasi pinjol bisa akses kontak di ponsel 

Aplikasi pinjol resmi seharusnya tidak meminta izin mengakses kontak di ponsel. Karenanya, Anda dapat mengecek permission yang diminta agar tidak terjebak mengunduh aplikasi pinjol ilegal.  

Berikut langkah-langkah selengkapnya: 

  • Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Ketik nama aplikasi pinjol yang ingin di-install 
  • Klik "About this app" > "App permission" > "See more" 
  • Bila ada "Contacts" di bagian "App permission", ini artinya aplikasi pinjol tersebut bisa untuk mengakses nomor telepon teman pengguna yang tersimpan di ponsel 
  • Bila pengguna memberikan izin aplikasi pinjol untuk mengakses daftar kontak, maka tak menutup kemungkinan penyedia pinjol akan memanfaatkan kontak tersebut untuk menghubungi dan meneror teman pengguna 

Baca Juga: Jangan sampai terjebak, kenali 7 ciri pinjol ilegal

Sebagai contoh, KompasTekno mencoba mengecek izin aplikasi pinjol bernama "Dana Mudah" dan "Tunai Pinjaman" di Google Play Store. Hasilnya, di bagian App permission, kedua aplikasi pinjol itu kompak menyertakan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel pengguna. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×