kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Cara Cerdas Kelola Gaji, Bayar Tagihan Cukup Pakai BRImo


Selasa, 23 April 2024 / 15:37 WIB
Begini Cara Cerdas Kelola Gaji, Bayar Tagihan Cukup Pakai BRImo
ILUSTRASI. Dok. Shutterstock


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Setelah menunggu selama kurang lebih satu bulan, akhirnya kerja keras Anda terbayarkan ketika melihat nominal uang di tabungan bertambah. Saat itulah, keinginan untuk membeli barang, jalan-jalan, atau sekedar makan di restoran pun meningkat.

Menghadiahi diri sendiri atau kini yang dikenal dengan istilah self-reward tentunya sah-sah saja. Namun, Anda tetap harus memikirkan setiap pengeluaran secara bijak dan matang. Jangan sampai, kegiatan self-reward ini malah berakhir impulsif dan malah merusak cash flow yang telah dibuat.

Mengelola gaji bulanan memang bukan perkara mudah. Jika tidak dipikirkan secara cermat, bisa jadi Anda akan terseok-seok di tengah bulan. Maka dari itu, diperlukan disiplin, komitmen, dan strategi yang tepat agar gaji dapat dikelola dengan bijak. Nah, apa saja yang dapat Anda lakukan? Berikut empat trik pintar kelola uang gajian!

Buat Anggaran Bulanan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran, sekecil apapun itu. Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan buku catatan atau aplikasi BRImo yang kini sudah dapat mudah di-download lewat smartphone. Pisahkan pengeluaran dalam beberapa kategori seperti kebutuhan pokok, cicilan, transportasi, hiburan, hingga tabungan.

Gunakan Metode 50/30/20

Metode 50/30/20 adalah cara mudah untuk membagi pengeluaran Anda. Alokasikan 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan dan investasi. Metode ini membantu Anda untuk fokus pada kebutuhan penting dan membatasi pengeluaran impulsif.

Jangan Lupakan Dana Darurat!

Dana darurat berperan vital untuk menjaga stabilitas keuangan dan meminimalisir stres di saat keadaan kritis terjadi. Dengan adanya dana darurat, Anda memiliki safety net yang menjaga keuangan tidak jatuh terlalu dalam ketika kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Maka dari itu, segera sisihkan minimal lima persen ketika gajian tiba, ya!

Hindari Hutang Konsumtif

Hutang konsumtif adalah jenis hutang yang digunakan untuk membeli barang atau jasa yang tidak termasuk kebutuhan pokok. Contohnya seperti membeli gadget terbaru, pakaian bermerek, liburan mewah, atau makan di restoran mahal. Jika tidak diperlukan atau mendesak, ada baiknya Anda menghindari hutang jenis ini karena dapat menambah beban finansial, terutama jika Anda belum disiplin dalam mengelola anggaran bulanan.

Bayar Tagihan Tanpa Ribet di BRImo

Gajian identik dengan waktunya bayar tagihan. Mulai dari tagihan listrik, BPJS, kartu kredit, PDAM, hingga TV kabel dan internet. Sekarang, Anda bisa bayar semua jenis tagihan dengan mudah dan tanpa ribet lewat aplikasi BRImo!

Cukup buka aplikasi BRImo, cari menu pembayaran tagihan, dan pilih jenis tagihan apa yang ingin dibayarkan. Semua transaksi tersebut dapat dengan mudah Anda lakukan lewat smartphone, tanpa harus repot-repot lagi datang ke ATM atau kantor cabang.

Kalau masih bingung, berikut langkah untuk membayar tagihan lewat BRImo:

Pembayaran Tagihan TV Kabel & Internet

  1. Login BRImo.
  2. Pilih menu "Tagihan".
  3. Pilih menu sesuai tagihan  "TV Kabel & Internet,".
  4. Klik "Pembayaran Baru".
  5. Klik “Pilih Jenis Layanan” Kemudian isi nomor pelanggan yang akan dibayar.
  6. Konfirmasi Transaksi dengan PIN dan transaksi berhasil

Pembayaran tagihan BPJS

  1. Login BRImo dan Pilih “Tagihan”
  2. Pilih “BPJS”
  3. Pilih Poduk BPJS
  4. Konfirmasi Transaksi dengan PIN dan transaksi berhasil

Pembayaran tagihan Kartu Kredit

  1. Login BRImo dan Pilih “Tagihan”
  2. Pilih “Kartu Kredit”
  3. Pilih Bank Penerbit Kartu Kredit dan Masukkan Nomor Kartu Kredit
  4. Konfirmasi Transaksi dengan PIN dan transaksi berhasil

Pembayaran tagihan PDAM

  1. Login BRImo dan Pilih “Tagihan”
  2. Pilih “PDAM”
  3. Pilih Wilayah dan Masukkan Nomor Pelanggan
  4. Konfirmasi Transaksi dengan PIN dan transaksi berhasil

Mudah sekali, bukan? Yuk, download BRImo di Google Play Store, App Store, dan Huawei App Gallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan dalam genggaman serta dapatkan informasi menarik lainnya di Instagram @bankbri_id.

#BRI #BRImo #BRImoMudahSerbaBisa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×