kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Cara Pakai QRIS di OCTO Mobile CIMB Niaga Saat Liburan ke Thailand


Senin, 05 September 2022 / 10:14 WIB
Begini Cara Pakai QRIS di OCTO Mobile CIMB Niaga Saat Liburan ke Thailand
ILUSTRASI. OCTO Mobile CIMB Niaga bisa digunakan untuk transaksi pembayaran saat berada di Thailand


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi masyarakat Indonesia yang bepergian ke Thailand, ada kabar gembira. Kini, anda sudah bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS sejak 29 Agustus 2022.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) menjadi salah satu dari delapan penyedia jasa pembayaran (PJP) yang sudah dapat izin dari Bank Indonesia (BI) bisa malayani transaksi QRIS di Thailand.

CIMB Niaga melihat potensi transaksi QRIS antarnegara di Thailand cukup besar.

"Terlebih momentum peluncuran QRIS Cross Border Indonesia-Thailand juga bertepatan dengan mulai dibukanya border untuk turis Indonesia ke Thailand," jelas Bambang Karsono Adi, Head of Digital Banking, Branchless and Partnership  CIMB Niaga  pada Kontan.co.id, Senin (5/9).

Ia menambahkan, berkat kerja sama yang baik dengan regulator dan program promosi serta edukasi kepada nasabah, transaksi QRIS saat ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: QRIS Antarnegara Bisa Dipakai di Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina

Hal ini terlihat dari semakin tingginya penggunaan QRIS di Indonesia dari tahun ke tahun. Di CIMB Niaga, per Juli 2022, transaksi QRIS mengalami kenaikan sebesar hampir 150% secara tahunan, dibandingkan Juli 2021.

Bambang menjelaskan, cara menggunakan QRIS pada OCTO Mobile CIMB Niaga saat bertransaksi di Thailand sangat mudah.  Pertama, pilih menu QR pada aplikasi OCTO Mobile, lalu scan QR pada merchant yang akan bertransaksi, selanjutnya pilih sumber dana untuk transaksi (hanya berlaku untuk sumber dana tabungan & Rekening Ponsel.

Nominal transaksi akan muncul dalam mata uang rupiah, apabila sesuai, maka nasabah bisa melakukan konfirmasi dengan memasukkan PIN OCTO Mobile.

"Nilai tukar akan disesuaikan dengan kurs yang berlaku saat nasabah melakukan transaksi," jelas Bambang.

Ia mengatakan, nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS di Thailand tetap dikenakan biaya dari nominal pembelanjaan.

Adapun besarnya biaya tersebut sama dari seluruh bank yang turut berpartisipasi dalam kegiatan QRIS Cross Border ini. Namun, Bambang tidak merinci berapa biayanya.

Baca Juga: Ini Daftar Bank yang Sudah Bisa Melayani Transaksi QRIS di Thailand

Sebelumnya, Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta, memastikan bahwa biaya QRIS Antarnegera ini jauh lebih murah dibandingkan bertransaksi menggunakan kartu kredit di Thailand, tarik tunai menggunakan kartu debit dan juga menukar uang tunai di money changer.

Ia bilang, biaya Merchant Discount Rate (MDR) transaksi QRIS dengan Thailand sama dengan MDR QRIS di dalam negeri. Menurutnya, yang berbeda nantinya hanya pada pembagian MDR antara perusahaan switching Indonesia dan Appointed Cross Currency Dealers (ACCD) di Thailand.

Saat ini biaya MDR QRIS di Indonesia masih 0% bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), 0,7% untuk menengah besar dan 0,45 untuk layanan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×