kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Belum Ada Calon Pesaing Baru BSI, OJK Bilang Begini


Senin, 16 September 2024 / 15:45 WIB
Belum Ada Calon Pesaing Baru BSI, OJK Bilang Begini
ILUSTRASI. Cita-cita untuk melahirkan pesaing baru PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di industri perbankan syariah rasa-rasanya tak akan terealisasi dalam waktu dekat./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/10/2023.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cita-cita untuk melahirkan pesaing baru PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di industri perbankan syariah rasa-rasanya tak akan terealisasi dalam waktu dekat. Lantaran, beberapa rencana aksi spin off Unit Usaha Syariah (UUS) bank belum bisa menyaingi aset BSI yang mencapai 40,13% dari total aset industri bank syariah.

Seperti diketahui, total aset perbankan syariah Indonesia pada enam bulan pertama tahun ini sebesar Rp 897 triliun atau naik 9,07% secara tahunan (YoY). Di periode tersebut, aset BSI mencapai Rp 360 triliun atau naik 15,1% YoY.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae bilang konsolidasi perbankan syariah untuk mewujudkan bank syariah dengan skala yang lebih besar sehingga dapat melahirkan bank yang lebih sehat, efisien, dan lebih berdaya saing masih terus diupayakan. 

Baca Juga: Sahamnya Tembus All Time High, Ini Kata Bank Syariah Indonesia (BRIS)

“Ini merupakan tanggung jawab bersama dan terus diupayakan dengan tetap memperhatikan kesiapan masing-masing bank dan perkembangan dinamika pasar global maupun domesti,” ujar Dian dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (16/9).

Lebih lanjut, Dian bilang pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kesiapan masing-masing bank termasuk mencermati dinamika arah kebijakan masing-masing bank tersebut.

Ia menegaskan sampai dengan saat ini belum terdapat permohonan tertulis yang secara resmi disampaikan kepada OJK terkait rencana aksi korporasi terkait spin off. Menurutnya, saat ini yang sedang terjadi adalah diskusi terkait hal tersebut antar bank maupun antar bank dengan OJK. 

Dian mengatakan para pihak yang terkait dengan aksi korporasi berupa merger atau spin off merupakan kewenangan pemegang saham bank. 

Baca Juga: Tumbuh 10%, Jumlah Nasabah Prioritas BSI Tercatat Lebih dari 64 Ribu di Semester I

“OJK akan mengevaluasi serta memproses sesuai ketentuan yang berlaku apabila bank telah mengajukan permohonan tersebut kepada OJK,” tambahnya.

Sebagai informasi, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) saat ini sedang menyiapkan langkah spin off dengan mengakuisisi salah satu bank syariah yang sudah ada.Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu belum lama ini telah mengisyaratkan bahwa pihaknya tidak mengakuisisi bank syariah yang besar. 

“Ukuran banknya juga relatif kecil," ujar Nixon, belum lama ini.

Sayangnya, Nixon masih merahasiakan bank yang akan diakuisisi tersebut. Hanya saja, rumor yang beredar menyebutkan Bank Victoria Syariah yang hendak diakuisisi oleh BTN.

“Saat ini kami sedang melakukan pendekatan, dan salah satu hal yang sedang dibahas adalah mengenai valuasi," ujar Nixon.

Baca Juga: BSI Hadirkan Layanan Weekend Banking di 504 Kantor Cabang Selama September 2024

Sementara itu, PT Bank CIMB Niaga Tbk yang juga sudah wajib spin off belum memiliki rencana melakukan akuisisi. Di mana, aset UUS CIMB Niaga saat ini sudah senilai Rp 64,83 triliun. 

“Tahap awal kami akan fokus di spin off nya dulu,” ujar Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan.

Lani bilang sampai saat ini pihaknya masih dalam tahap persiapan spin off. Di mana, hal tersebut akan dirampungkan semuanya tahun depan setelah ada konfirmasi dari semua regulator yang berkaitan spin off.  

“Permodalan juga sedang dihitung kembali,” tambahnya.

Selanjutnya: Hong Kong Menguat di Tengah Perdagangan Tipis pada Senin (16/9)

Menarik Dibaca: 6 Posisi Tidur Terbaik hingga Terburuk untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Ahli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×