kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Besarkan Pangsa Pasar lewat Bancassurance


Rabu, 03 Maret 2010 / 11:13 WIB
Besarkan Pangsa Pasar lewat Bancassurance


Sumber: KONTAN | Editor: Johana K.

JAKARTA. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus memperbanyak kanal distribusi produk lewat bank (bancassurance). Setelah bermitra dengan Bank UOB Buana Januari silam, kini perusahaan asuransi yang berpusat di Inggris ini menjalin kerjasama dengan Bank Permata.

Melalui Bank Permata, Prudential akan memasarkan produk asuransi jiwa berbalut investasi atau unitlink bernama PRESTIGElink Assurance Account. “Produk ini khusus dipasarkan bagi nasabah PermataBank,” kata Presiden Direktur Prudential Life Kevin Holmgren, di sela-sela acara peluncuran produk, Selasa (2/3).

Kevin berharap, lewat sinergi tersebut penetrasi Prudential di pasar asuransi jiwa di Indonesia makin dalam. “Ini merupakan kerjasama strategis karena dapat memperluas jangkauan kami di pasar,” jelasnya.

Sepanjang tiga tahun terakhir, potensi jalur bisnis kemitraan, termasuk bancassurance, di Prudential menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan, yakni 300%. “Pertumbuhan yang pesat ini mendorong kami untuk terus mengoptimalkan bisnis ini. Kami berharap ke depan jalur distribusi ini tetap memberikan hasil yang maksimal,” kata Kevin.

Bank Permata sendiri merupakan mitra bancassurance Prudential yang keenam. Bank-bank lain yang digandeng Prudential adalah Bank Danamon, Citibank, UOB Buana, dan Standard Chartered. Hingga kuartal III tahun 2009, bisnis bancassurance Prudential mampu membukukan pendapatan premi sekitar Rp 109 miliar.

Prudential tak sendirian. Perusahaan asuransi jiwa lain, seperti PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dan PT Allianz Life Indonesia, juga terus memperbesar pasar dengan cara menggenjot bisnis bancassurance.

Tahun ini Manulife Indonesia menargetkan jumlah mitra mencapai 20 bank. Saat ini Manulife sudah bermitra dengan 15 bank.
Tahun lalu, premi bancassurance Manulife Indonesia tumbuh 37% dan menyumbang 23% terhadap perolehan premi.

Sementara, produksi premi lewat agen di 2009 tumbuh 17% dan menyumbang 66,5% dari total premi. Sisanya berasal dari jalur distribusi lain seperti broker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×