kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Kartu Pembiayaan Syariah Diproyeksikan Tumbuh Signifikan di Kuartal II-2024


Senin, 17 Juni 2024 / 15:14 WIB
Bisnis Kartu Pembiayaan Syariah Diproyeksikan Tumbuh Signifikan di Kuartal II-2024
ILUSTRASI. Customer service menerangkan dana pembiayaan haji kepada nasabah seusai acara Syukuran Relokasi Gedung Bank Mega Syariah KCP Bandung Pasirkaliki, di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/3/2024). Relokasi Gedung Bank Mega Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bandung Pasirkaliki merupakan bentuk komitmen Bank Mega Syariah untuk memberikan pelayanan perbankan syariah terbaik dan menjangkau lebih banyak nasabah setia dalam mengakses produk, program, dan layanan perbankan syariah di Bandung. Bank Mega Syariah saat ini fokus untuk menyasar segmen retail dengan terus melakukan transformasi digital, mulai dari simplifikasi proses internal hingga pengembangan digitalisasi produk dan layanan. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Prospek bisnis kartu pembiayaan syariah diproyeksikan mengalami pertumbuhan signifikan pada periode Kuartal II-2024.  Hal ini terlihat dari semakin banyaknya jumlah kartu yang diterbitkan oleh sejumlah bank syariah.

Ambil contoh PT Bank Mega Syariah, bank ini terhitung baru satu tahun meluncurkan produk kartu pembiayaan yang diberi nama Syariah Card. Namun, perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan yang sangat signifikan.

Corporate Secretary Bank Mega Syariah, Hanie Dewita mengatakan, sejak soft launching pada April hingga Desember 2023, Syariah Card telah diterbitkan mencapai lebih dari 10.000 kartu.

"Sementara, dari Januari hingga Juni 2024, jumlah kartu yang diterbitkan mengalami peningkatan sebesar 100% dibandingkan dengan Desember 2023," ungkap Hanie kepada Kontan.

Baca Juga: Bank Mega Syariah Tawarkan Produk Tabungan Rencana dan Cicil Kurban

Lebih lanjut Hanie menyebut, seiring dengan meningkatnya jumlah kartu yang beredar, total outstanding pembiayaan juga naik sebesar lebih dari 120% dalam periode yang sama.

Melihat pertumbuhan tersebut, Hanie menyebut Bank Mega Syariah dalam kurun waktu 10 tahun ke depan menargetkan untuk menerbitkan setidaknya satu juta kartu.

Senada, Unit Usaha Syariah (UUS) dari PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga Syariah, juga mencatatkan pertumbuhan kartu pembiayaan syariah yang siginifkan.

Sejalan dengan itu  Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara memproyesikan bisnis kartu pembiayaan syariah juga akan tumbuh signifikan pada Kuartal II-2024. Ini sejalan dengan penerbitan kartu yang terus meningkat.

"Pertumbuhan kartu syariah  CIMB Niaga di kuartal II 2024 diproyeksikan akan tumbuh sebesar 23% yoy (year on year)," ungkap Pandji.

Baca Juga: CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) Gelar Penawaran Sukuk Rp 1 Triliun

Seiring dengan pertumbuhan positif tersebut, kualitas pembiayaan atau non performing financing (NPF) Kartu Pembiayaan juga dipastikan dalam kondisi sehat, dengan rasio NPF diperkirakan  akan terjaga dibawah 2%.

Adapun terkait momen Hari Raya Iduladha yang berlangsung ada Juni 2024, Pandji menyebut momen tersebut tidak terlalu menggerek peningkatan transaksi kartu syariah sebagaimana momen puasa dan lebaran Idulfitri.

"Namun kenaikannya  akan seperti business as usual saja yaitu sekitar Rp 20 miliar sampai Rp 25 miliar (pembiayaan) setiap bulannya,"

Lebih lanjut, Pandji menyebut hingga saat ini jumlah kartu syariah yang beredar sudah mencapai 720 ribuan kartu. Harapan kedepan jumlah kartu syariah CIMB Niaga bisa mencapai satu juta kartu.

Selanjutnya: Ajak Anak Berlibur di Markay Utama Inside Out 2

Menarik Dibaca: Ajak Anak Berlibur di Markay Utama Inside Out 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×