kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI dan BRI saling kejar ekspansi di luar negeri


Selasa, 08 Agustus 2017 / 10:10 WIB
BNI dan BRI saling kejar ekspansi di luar negeri


Reporter: Galvan Yudistira, Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Dessy Rosalina

JAKARTA. Perbankan nasional terus melebarkan ekspansinya ke luar negeri. Tujuannya jelas, untuk mendapat sumber pendanaan dan saluran kredit baru.

Semisal PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang tengah mematangkan rencana ekspansi ke tiga wilayah. Hal ini untuk melengkapi enam kantor cabang emiten bersandi saham BBNI tersebut yang sudah ada di luar negeri.

Rico Rizal Budidarmo, Direktur Keuangan dan Risiko Kredit BNI mengatakan, tiga wilayah yang sedang dijajaki untuk ekspansi adalah Myanmar, Australia, serta Timur Tengah.

"Kami sedang melihat beberapa kemungkinan terkait rencana ekspansi ini," terang Rico ketika ditemui saat paparan publik marathon, Senin (7/8).

Kata Rico, bisnis kantor cabang luar negeri diharapkan bisa mendukung bisnis BNI secara umum. Dengan mempunyai jaringan luar negeri yang kuat, hal itu dapat mempermudah bank pelat merah itu dalam memperoleh pendanaan maupun penyaluran kredit terkait nasabah luar negeri.

Selama dua tahun terakhir, menurut Rico, bisnis di kantor cabang luar negeri telah menunjukkan pertumbuhan yang cukup bagus. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kontribusi bisnis luar negeri terhadap keseluruhan bisnis yang mencapai dua kali lipat.

Tak mau kalah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kemarin juga meneken kerjasaama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia. Dalam kerjasama ini, BRI telah meluncurkan Kartu Pekerja Indonesia (KPI) BRI. .

KPI BRI merupakan kartu identitas pekerja TKI, yang bisa dipakai untuk menikmati berbagai fasilitas perbankan BRI. Antara lain, sebagai kartu debit BRI dan untuk transaksi pengiriman uang valas (remittance).

Para pemegang KPI BRI juga mendapat manfaat perlindungan asuransi diri serta pengelolaan dana DPLK individu. Kami berharap, para pekerja TKI di luar negeri semakin nyaman dalam bekerja, dengan adanya tambahan akses layanan perbankan yang kami sediakan, ungkap Sekretaris Perusahaan BRI, Hari Siaga Amijarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×