kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

BNI Dorong Inovasi Layanan Remitansi, Transaksi Semakin Meningkat


Minggu, 03 April 2022 / 17:16 WIB
BNI Dorong Inovasi Layanan Remitansi, Transaksi Semakin Meningkat
ILUSTRASI. Menara BNI Pejompongan, Jakarta Pusat.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebagai bank  BUMN yang didorong melakukan ekspansi bisnis internasional terus melakukan inovasi untuk mendukung kelancaran arus transfer uang antar negara atau remitansi.

Salah satunya dengan terus meningkatkan kapasitas BNI Direct dan  BNI Mobile Banking dengan fitur tracking melalui SWIFT GPI dan API sehingga nasabah bisa cek status transfer secara realtime langsung dari gadget masing-masing.

BNI Mobile banking juga sudah punya fitur pengiriman uang rupiah ke luar negeri yang bisa langsung terkonversi dalam 8 hard currency di negara tujuan yakni  USD, EUR, GBP, SGD, JPY, HKD, AUD dan NZD. 

"Saat ini sedang dikembangkan juga untuk mendukung currency lain seperti PHP (Peso Filipina) dan INR (Rupee India). Komunitas ekspatriat dari negara tersebut banyak kita temui di Indonesia," jelas Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan pada Kontan.co.id, Sabtu (2/4).

Baca Juga: Himpunan DPK Valas Perbankan Tumbuh 9,5% Menjadi Rp 953,3 Triliun pada Februari 2022

Selain itu, BNI juga meningkatkan utilisasi penggunaan teknologi API dengan partner perusahaan remitansi eksisting. Dari 100 partner yang kerjasama dengan perseroan, sebanyak 60% sudah menerapkan teknologi API dan akan terus ditingkatkan lagi.

Dari partner BNI tersebut, kata Henry, ada 10 yang bisa dikategorikan sebagai fintech karena sudah menyediakan layanan aplikasi digital di sisi front-end yang memungkinkan sender untuk kirim uang ke Indonesia secara realtime 24/7. 

BNI juga memiliki front-end aplikasi sendiri di Singapura yg dikenal dengan BNI Mobile Remittance (MoRe) dan dalam pengembangan untuk di duplikasi di Hong Kong.

Inovasi dan pengembangan selanjutnya, BNI bekerjasama dengan komunitas Diaspora di berbagai negara untuk mensosialisasikan layanan BNI, termasuk diantaranya adalah kemudahan pembukaan rekening Taplus secara digital dari LN yg akan semakin mempermudah transaksi para Diaspora.

Kemudian, perseroan menerapkan standard payment ISO 20022 pada seluruh channel remitansi.

Baca Juga: BRI Catat Transaksi Pembayaran Menggunakan BRIZZI Capai Rp 6,8 Triliun pada 2021

Sejalan dengan inovasi dan pengembangan layanan yang dilakukan, Henry bilang, transaksi remitansi BNI terus mengalami peningkatan. Pada kuartal I 2022, frekuensi transaksi mencapai 1 juta atau tumbuh 14% dari periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY). Adapun volume transaksinya mencapai US$ 19,3 miliar atau tumbuh 20% YoY.

Frekuensi transaksi remitansi menjelang lebaran dari tren tahun-tahun sebelumnya biasanya meningkat rata-rata sampai 10% dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sehingga Henry memperkirakan frekuensi transaksi di kuartal II 2022 akan tumbuh 5%-7% dibandingkan kuartal I dan meningkat 15%-17% secara YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×