kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI terus dorong ekspansi bisnis internasional


Jumat, 14 Agustus 2020 / 11:52 WIB
BNI terus dorong ekspansi bisnis internasional
ILUSTRASI. Petugas Kantor BNI Cabang Seoul, Korea Selatan, melayani nasabah pada hari ke 3 setelah lebaran, Jumat (7/6/2019). Cabang Bank BNI di luar negeri lainnya, seperti di BNI Singapura, BNI New York, BNI Tokyo, BNI Hong Kong dan BNI Seoul selama Lebaran tetap


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI menegaskan tetap menjadi pemain utama bisnis perdagangan internasional dan international payment dalam industri perbankan di Indonesia.

Penegasan ini cukup beralasan, mengingat BNI memiliki enam kantor cabang luar negeri (KCLN) di pusat bisnis Internasional , yakni di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, dan New York, serta satu sub branch di Osaka. BNI telah membuktikan bahwa #BUMNGoGlobal dan mampu bersaing di kancah internasional.

Keberadaan kantor cabang itu tidak sekadar memberikan keunggulan terhadap bisnis International Banking BNI, tapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap laba bersih Perseroan dari bisnis internasional selama 2019, yang tumbuh 84,6% year on year.

Pemimpin BNI KCLN London, Bani Iqbal, menuturkan, di kota itu, BNI berfokus melayani aktivitas pebisnis Indonesia di Inggris, baik eksportir maupun importir, dan pengusaha Inggris di Indonesia.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 masih berlangsung, BNI gencar salurkan bantuan sosial

Itulah sebabnya BNI KCLN London tidak hanya memfasilitasi dari sisi pembiayaan, tapi juga advisory. Hal itu termasuk membantu pebisnis Indonesia yang ingin mendirikan perusahaan di London, seperti memberikan jaringan yang dimiliki dan menyiapkan pengacara serta akuntan, agar perusahaannya dapat berdiri dengan baik.

“Fasilitas kami tidak hanya dari sisi pembiayaan, tapi juga asistensi advisory. Misalkan saja ada nasabah Jakarta yang salah satu unit usahanya ingin trading komoditas di pasar Eropa, lantas hendak membuka perusahaan di London, jadi kami bantu itu,” ujar Iqbal dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (14/8).

Pelayanan lain di BNI KCLN London, yang berlokasi di 30 King Street, juga mencakup loan, baik corporate loan maupun syndicated loan, trade finance, treasury, dan remitansi. Semua pelayanan tersebut dapat membantu Indonesia meningkatkan ekspor.

Iqbal juga menjelaskan soal keunikan London dan Eropa, yakni adanya fasilitas export trade agency (ECA) yang bisa dimanfaatkan. Untuk itu, BNI KCLN London menjalin kerja sama dengan ECA sejak tiga tahun lalu agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha di Tanah Air.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×