kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

BPJS Jemput bola, layanan keliling menjangkau kepesertaan JKN-KIS


Selasa, 07 Januari 2020 / 21:20 WIB
BPJS Jemput bola, layanan keliling menjangkau kepesertaan JKN-KIS
Implementasi Penguatan Komitmen Pelayanan Program JKN-KIS Januari 2020

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka memperbaiki kualitas layanan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan pembaruan (rebranding) terhadap layanan Mobile Customer Service (MCS). Sekarang, layanan MCS ini diubah menjadi layanan BPJS Jemput Bola.

Melalui BPJS Jemput Bola, masyarakat kini dapat lebih mudah untuk menjangkau dan mengakses pelayanan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Pasalnya, BPJS Jemput Bola ini tersedia dalam bentuk mobil yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan infrastruktur dan pelayanan lengkap.

Baca Juga: BPJS Kesehatan gunakan skema First in First Out untuk bayar tunggakan

Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Dwi Asmariyanti menjelaskan, layanan yang tersedia di dalam mobil ini sama dengan layanan yang ada di dalam kantor BPJS Kesehatan.

"Ada layanan perubahan data peserta, pemberian informasi terkait BPJS, bahkan hingga pengaduan," ujar Dwi saat acara Implementasi Penguatan Komitmen Pelayanan Program JKN-KIS, Selasa (7/1).

Layanan Jemput Bola ini akan berkeliling setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh kantor cabang BPJS Kesehatan di masing- masing wilayah.

Baca Juga: Tingkatkan layanan, BPJS Kesehatan fokus lakukan pembaharuan

Informasi jadwal Jemput Bola ini, secara berkala bisa dilihat di akun media sosial BPJS Kesehatan, atau masyarakat juga bisa menelepon kantor cabang terdekat untuk mengetahui wilayah mana yang sedang didatangi oleh BPJS Jemput Bola.

Sampai saat ini, Dwi melihat tidak ada kendala yang berarti terkait dengan layanan Jemput Bola. Pasalnya, beberapa hari sebelum layanan ini dijadwalkan berkeliling lapangan, pihak BPJS Kesehatan akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memberi informasi kepada masyarakat.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan naik 100%, 792.000 peserta ajukan penurunan kelas

Namun, Dwi mengaku layanan Jemput Bola ini tidak hanya melibatkan kelurahan atau kecamatan saja. Pihak BPJS Kesehatan juga memanfaatkan acara-acara populer seperti car free day, kegiatan di alun-alun, atau bahkan turun ke perusahaan maupun ke sekolah-sekolah.

"Jadi kami harapkan masyarakat dapat benar-benar merasakan manfaat atas kemudahan layanan yang kami berikan melalui BPJS Jemput Bola," tambah Dwi.




TERBARU

Close [X]
×