Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Untuk mendukung implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional(Jamkesnas), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meneken kerja sama dengan tiga bank BUMN. Yakni Bank PT Bank Mandiri (Persero) Tbk , PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Fahmi Idris, Direktur Utama BPJS Kesehatan mengatakan, Lewat kerja sama ini bank mitra akan menjadi poin pelayanan (service point) BPJS Kesehatan.
"Dengan ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri mereka secara mandiri di kantor cabang bank mitra kami untuk cabang tertentu. Masyarakat dapat menggunakan virtual account untuk pembayaran berkala,” ujarnya, Senin (21/7).
Ketiga bank mitra BPJS Kesehatan ini memiliki teknologi untuk memudahkan masyarakat membayar iuran bulanan mereka melalui virtual account, baik secara manual, internet banking, ATM, mesin EDC dan mobile banking. Bahkan, melalui skema autodebit.
Maklum, kerja sama BPJS Kesehatan dengan tiga bank pelat merah tersebut sekaligus pelayanan cash management. Itu artinya, BPJS Kesehatan juga dapat membayarkan klaim kepada fasilitas kesehatan tanpa harus menunggu pencairan dana dari kantor pusat. Selain itu, ada pula layanan cash pooling system untuk pengumpulan dana secara terpusat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News