kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

Branchless BRI bidik transaksi Rp 22,4 triliun


Sabtu, 28 Maret 2015 / 15:06 WIB
Branchless BRI bidik transaksi Rp 22,4 triliun
Dari sisi operasional, Phapros sudah mengembangkan teknologi Business Supply Chain (BISCHAIN) untuk memonitor rantai pasok dan ketersediaan produk. Dari sisi manufacturing, Phapros sudah mengembangkan E-CPB, yakni Pencatatan Pengelolaan Bets secara Elektronik yang bisa mengurangi konsumsi kertas dan dipasang di dalam mobile device. Kinerja Industri Farmasi Dalam Tren Melemah, Cermati Rekomendasi Analis.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Yudho Winarto

JAYAPURA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus menjaring nasabah mikro hingga pelosok Tanah Air. Salah satunya dengan memperbanyak agen layanan perbankan tanpa kantor alias branchless banking.

Direktur Utama Bank BRI, Asmawi Syam menyatakan, BRI menargetkan dapat menjaring sekitar 50.000 agen branchless banking pada tahun ini. Adapun layanan yang diberi nama BRILink tersebut saat ini sudah merekrut 24.713 agen dengan nilai transaksi sebesar Rp 7,8 triliun.

Nah, lewat perekrutan 50.000 agen, manajemen bank pelat merah ini berharap nilai transaksi branchless tumbuh menjadi Rp 22,4 triliun sepanjang tahun 2015. Bagi bank, memperbanyak agen branchless lebih menguntungkan karena ongkosnya lebih murah ketimbang membuka kantor baru.

Asal tahu saja, jumlah kantor cabang BRI kini tercatat 10.200 kantor. Asmawmenggambarkan, biaya yang harus dikeluarkan bank jika membuka satu kantor kas minimal sebesar Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar. Lalu, setiap kantor kas membutuhkan paling tidak tiga orang bankir.

Nah, dengan asumsi membuka 50.000 kantor, BRI butuh sekitar 150.000 orang bankir. Padahal, melalui layanan branchless, BRI bisa merekrut para ibu rumahtangga sebagai "teller" dan tak perlu mendirikan kantor.

Agen BRILink ini bisa melayani pelbagai layanan perbankan, mulai dari transfer dana, pembelian pulsa listrik maupun pulsa telepon, termasuk menabung. Persiapkan satelit Meski branchless banking BRI baru dimulai 14 bulan lalu dan resmi beroperasi Rabu lalu (25/3), layanan tersebut mendapat respons positif dari masyarakat.

Di BRI Jayapura, transaksi branchless tumbuh 64% dalam sebulan terakhir. BRI di Jayapura sudah menjaring 450 agen, dengan jumlah volume transaksi 88.037 kali bernilai Rp 18,2 miliar.

Sedangkan branchless banking BRI di seluruh Indonesia mencatatkan pertumbuhan sekitar 24%. Satu upaya yang juga bisa menopang kesuksesan layanan BRILink adalah pengadaan satelit. Saat ini, satelit tersebut dibangun di Amerika Serikat dan akan beroperasi medio 2016.

Pengoperasian satelit itu membuat BRI tak lagi tergantung pada sinyal satelit dan operator seluler. "Kami ciptakan sinyal sendiri agar bisa melayani seluruh Indonesia," ucap Asmawi.

Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad optimistis layanan branchless banking akan membuat upaya membumikan produk keuangan hingga pelosok tanah air bisa segera tercapai. Ia memprediksi, layanan branchless banking bisa menggaet setidaknya 20 juta hingga 30 juta pengguna dalam dua tahun hingga tiga tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×