kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI dan Pemprov Jateng perkuat sistem informasi pertanian Jawa Tengah


Minggu, 21 Oktober 2018 / 15:25 WIB
BRI dan Pemprov Jateng perkuat sistem informasi pertanian Jawa Tengah
ILUSTRASI. Logo Bank Jateng


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank BRI melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang sistem informasi pertanian di Provinsi Jawa Tengah.

Bertepatan dengan Hari Tani 2018 yang dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno, Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah Sabtu (20/10)

MoU ini mencakup pelaksanaan program Kartu Tani dan Pengembangan Sistem Informasi Pertanian di Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Pemimpin Bank BRI Kantor Wilayah Semarang Fidri Arnaldy, dan Pemimpin Bank BRI Kantor Wilayah Yogyakarta Hendro Padmono.

“Kerja sama ini sebenarnya telah terjalin sejak peluncuran perdana program Kartu Tani di Jateng pada tahun 2015. Pembaruan kerja sama ini kami lakukan untuk memperkuat sistem informasi pertanian di wilayah Jateng. Tidak hanya itu, Kartu Tani merupakan database pertanian dan ekosistem yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder serta merupakan bentuk inklusi dan literasi keuangan kepada para petani,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto.

Selanjutnya, sampai dengan 30 September 2018, BRI telah mendistribusikan 2,3 juta kartu kepada petani 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

Sebanyak 5.459 Kios Pupuk Lengkap telah difasilitasi mesin EDC dan dijadikan agen BRILink untuk melayani pembelian pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani dan transaksi perbankan lainnya.

Selain itu, BRI juga telah menyalurkan pinjaman kepada 141.604 petani pemilik Kartu Tani di Jawa Tengah dengan total penyaluran sebesar Rp 4,7 triliun.

Selain penandatanganan MoU, pada kesempatan yang sama Pemprov Jawa Tengah juga menyerahkan hadiah kepada 6 Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) peraih Kartu Tani Award.

PPL terpilih tersebut merupakan mereka yang dinilai paling aktif dan inovatif dalam menyukseskan program Kartu Tani di Jawa Tengah.

Perayaan hari tani yang dihadiri 1.200 orang, yaitu di antaranya 600 PPL, perwakilan Petani dari KTNA Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Jawa Tengah Berdikari ini juga dimeriahkan dengan pameran produk unggulan pertanian nasabah binaan Bank BRI dan SKPD Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×