Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus membuat terobosan baru dalam melakukan penyaluran kredit mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Terbaru, BRI bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital.
Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan inisiatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (14/5).
Baca Juga: BNI mobile banking terblokir? Atasi dengan cara ini
Tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee & Grab untuk menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital. “Tahap selanjutnya, BRI akan bekerja sama juga dengan Tokopedia dan Gojek yang dimana saat ini di tahap finalisasi kerjasama,” kata Sunarso dalam keterangan resminya, Jumat (15/5).
Dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id. Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi.
Hingga akhir April 2020 Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 43,2 Triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia.
Selain bantuan dalam bentuk fasilitas pembiayaan, kata Sunarso, Bank BRI juga akan terus menciptakan inisiatif baru untuk mendukung keberlangsungan dan penyelamatan pelaku UMKM di Indonesia.
Baca Juga: Minna Padi tunggu tanggapan OJK untuk likuidasi reksadana
Inisiatif ini disambut baik oleh platform digital yang bekerjasama dengan Bank BRI. “Kami percaya penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain dapat membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia dan berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami," jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.
Sementara Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia berharap kerja sama antara Shopee dan BRI dapat menjadi solusi pembiayaan UMKM yang dapat bantu meringankan para mitra penjual kami di tengah keadaan yang sulit ini.
Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platformnya.
Baca Juga: Cardif SA menjajaki akuisisi saham minoritas BRI Life
Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal.
Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra usaha GoFood. Oleh karena itu, ia melihat penyaluran KUR digital yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mitra.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News