Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah rawannya kondisi bencana alam, BRI Insurance (BRINS) menyerahkan klaim asuransi gempa bumi sebesar Rp 2,4 miliar kepada PT Surya Fasifik Indonesia QQ CV Anda Jaya Prima yang merupakan nasabah BRI yang bergerak pada bidang usaha biji pala dan hasil bumi lainnya.
Perusahaan tersebut mengalami kerugian pada bangunan gudang dan stock barang berupa bahan produksi biji pala serta hasil bumi lainnya, akibat dari erupsi eksplosif Gunung Ruang di Sitaro, Sulawesi Utara pada April 2024.
"Kami sudah menjalani tanggungjawab serta komitmen kami dengan melakukan pembayaran klaim kepada nasabah kami yang terdampak bencana alam itu, semoga bantuan klaim dari BRINS bermanfaat untuk menjalani usahanya kembali," kata Pimpinan Cabang BRI Insurance Manado Entis Sutrisna dalam keterangannya, Selasa (17/12).
Entis mengatakan bahwa pembayaran klaim berupa santunan sudah juga kami lakukan kepada sekitar 226 nasabah asuransi mikro yang merupakan nasabah BRI, yang terdampak atau mengalami kerugian akibat gempa tektonik imbas letusan Gunung Ruang, dengan total nominal sekitar Rp 1,1 miliar.
Baca Juga: BCA Life dan Bank BCA Luncurkan Asuransi STAR, Uang Pertanggungan Mulai Rp 500 Juta
Hal ini juga menjadi pengingat bahwa tanpa jaring pengaman seperti asuransi, perekonomian bisa merosot karena usaha-usaha lokalnya mengalami kerugian besar ditambah tidak dapat melakukan pemulihan akibat gempa.
"Kegiatan produksi bisa terhenti, pekerjanya berhenti, daya beli turun, perekonomian di sana bisa lumpuh negeri yang rawan bencana alam, memiliki asuransi yang bisa mengamankan usaha dari kerugian akibat bencana bukanlah sekadar pilihan, melainkan keharusan. Dengan demikian, kelangsungan bisnis dapat terjaga dan perekonomian nasional pun dapat lebih stabil," ujar Entis.
Direktur PT Surya Pasifik Indonesia Tjan Hok Sin mengatakan dengan pembayaran klaim dari BRI Insurance dan bantuan Bank BRI yang telah merespons cepat laporan klaim darinya. "Saya sangat berterima kasih kepada Bank BRI maupun BRI Insurance yang telah merespons cepat hingga membantu melakukan proses klaim dari kami secara profesional, mudah dan tidak terlalu lama hingga proses pembayaran klaim kami terima,"ucap Tjan.
Selanjutnya: Honda Targetkan Penjualan Mobil Hybrid Global 1,3 Juta Unit pada 2030
Menarik Dibaca: Yogyakarta Hujan Ringan Mulai Sore, Pantau Prakiraan Cuaca Besok di DIY
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News