Reporter: Anastasia Lilin Y | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
HONG KONG. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memenangkan penghargaan Best Domestic Bank in Indonesia 2016 dalam acara Summer Awards Dinner yang diselenggarakan oleh Asiamoney. Ini menjadi penghargaan yang mereka raih secara berturut-turut dalam tiga tahun terakhir.
Pemberian penghargaan berangkat dari hasil riset Asiamoney terhadap kinerja bank–bank di Indonesia sejak awal 2015 hingga akhir kuartal I 2016. Turut hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Asiamoney tersebut di Hotel JW Marriot, Direktur Kepatuhan Bank BRI Priyastomo sebagai penerima penghargaan.
Fokus pelayanan pada sektor usaha mikro menjadi salah satu faktor penilaian Asiamoney yang menjadikan Bank BRI sebagai peraih penghargaan.
“Penghargaan prestisius ini merupakan sebuah apresiasi dan wujud pengakuan pihak luar terhadap kinerja Bank BRI yang konsisten menjadi bank dengan profit terbesar di Indonesia, terbesar dalam microfinance di dunia serta selalu berinovasi menggunakan teknologi tercanggih dalam melayani nasabah yang tersebar di lebih dari 17.000 kepulauan di Indonesia”, ujar Hari Siaga Amijarso, Corporate Secretary Bank BRI Rabu (21/9).
Asal tahu, performa Bank BRI sebagai penguasa kredit usaha mikro berlanjut hingga kuartal II 2016. Pada periode tersebut, penyaluran kredit sektor usaha mikro naik 22,4% yoy atau menjadi Rp 202,9 triliun. Lalu jumlah nasabah 7,5 juta pada kuartal II 2015 meningkat menjadi 8,6 juta per kuartal II 2016 l.
Non performing loan (NPL) Bank BRI pada kuartal II 2016 berada di level 1,49% (gross). Adapun micro funding tumbuh 15,9% yoy menjadi Rp 190,4 triliun, dengan komposisi 83,9% merupakan current account saving account (CASA) atawa dana murah.
Sementara jumlah aset Bank BRI pada kuartal II 2016 sebesar Rp 872,9 triliun, alias mendaki 16,8% dibandingkan dengan kuartal II 2015. Lantas, laba bank yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode BBRI itu Rp 12,05 triliun, atau tumbuh 1,6%.
Disamping kinerja finansial, Asiamoney menilai inovasi Bank BRI dalam bidang jasa dan teknologi. Sebut saja aksi Bank BRI meluncurkan satelit BRIsat pada pertengahan 2016.
Tujuan Bank BRI meluncurkan BRIsat yakni untuk mengamankan jaringan komunikasi di masa depan. Saat ini, bank pelat merah tersebut sudah merasakan manfaat satelit lewat pemanfaatan jaringan komunikasi BRI Digital.
Selain BRI Digital, tercatat Bank BRI memiliki jaringan 10.628 unit kerja konvensional dan 23.126 jaringan ATM BRI. Ada juga 210,688 EDC BRI, 892 CDM BRI dan 57 E-BUZZ.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News