kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,11   -8,38   -0.91%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI jalin kerjasama dengan DANA untuk memperluas inklusi keuangan


Senin, 25 Maret 2019 / 17:51 WIB
BRI jalin kerjasama dengan DANA untuk memperluas inklusi keuangan


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kolaborasi dengan DANA untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia. Hal tersebut dilakukan karena masih ada potensi uang per Desember 2018 sebesar Rp 120 triliun yang belum mendapatkan layanan perbankan secara optimal di Indonesia.

EVP Digital Centre of Excellence BRI, Kaspar Situmorang optimistis sinergi ini dapat mengoptimalkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat yang belum memiliki akun perbankan. 

“Kami optimistis, sinergi ini dapat membantu kami mengajak 56 juta masyarakat yang tidak menyimpan uangnya di bank, atau masih simpan uang bawah bantal," katanya di acara 1st anniversary DANA, Senin (25/3).

Kerjasama dunia usaha dan perbankan di Indonesia diharapkan makin meningkatkan antusiasme dan kepercayaan masyarakat dalam menerapkan pembayaran secara cashless atau non tunai. 

Kaspar meyakini budaya ini harus mulai dibiasakan karena dapat membantu penghematan pengeluaran negara dan produksi dan distribusi uang fisik, serta menghemat pengeluaran bank untuk pengelolaan ATM yang bernilai tinggi.

Sementara, CEO DANA, Vincent Iswara menyatakan pihaknya tidak bersaing dengan perbankan, tetapi menjadi pelengkap transaksi. “DANA mampu memfasilitasi transfer saldo dengan cepat dan mudah melalui layanan kirim DANA dan Minta DANA. Layanan ini dapat memfasilitasi pembayaran dengan debit maupun kredit,” ujarnya.

Melalui sinergi dengan DANA, bank yang memiliki jumlah cabang terbatas tetap dapat meningkatkan jumlah pengguna layanannya karena pengguna dan pengusaha memiliki opsi menyimpan akunnya di DANA atau mengirim uang ke rekening bank melalui DANA.

Dari sisi pelaku usaha, transaksi menggunakan DANA diklaim membuat bisnis berjalan lebih produktif dan efisien. Bahkan penjual tak perlu khawatir transaksi dengan nominal tak lazim seperti Rp 1 pun bisa terlayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×