kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI kelola cash card Pertamina


Jumat, 15 Mei 2015 / 16:13 WIB
BRI kelola cash card Pertamina
ILUSTRASI. Ekosistem grup dari perusahaan induk mendorong laju kinerja bank digital.


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menjalin kerjasama dengan PT Pertamina (Persero) melakukan automatisasi penggunaan dana operasional menggunakan cash card. Kerjasama ini sebagai bagian dari implementasi salah satu pilar lima prioritas strategis Pertamina yaitu perbaikan struktur keuangan.

Sekretaris Perusahaan Budi Satria menjelaskan, cash card Pertamina merupakan kas operasional unit kerja Pertamina yang dikelola oleh unit–unit kerja yang ditunjuk oleh Pertamina dan selanjutnya akan digunakan dalam kegiatan operasional Pertamina.

Untuk implementasi ini, selain bekerjasama dengan BRI, Pertamina juga bekerjasama dengan dua bank BUMN lainya, yaitu Bank Mandiri dan Bank BNI dalam hal penggunaan kartu. Hal ini diyakini dapat menjadi perangkat untuk mengintegrasikan mekanisme pencatatan penggunaan dana unit kerja perusahaan tersebut.

"BRI mendukung sepenuhnya kerjasama ini untuk mempermudah Pertamina dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam struktur keuangannya secara keseluruhan melalui Cash Management System BRI," kata Budi melalui pernyataan tertulis yang diterima KONTAN, Jumat (15/5).

Peluncuran cash card yang akan digunakan oleh pekerja/unit operasi Pertamina ini dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, di Surabaya. Lima prioritas strategis Pertamina terdapat pilar Perbaikan Struktur Keuangan yang salah satu programnya adalah Tata kelola Kas (Cash Management). Breakthrough Project (BTP) tersebut bertujuan untuk memperbaiki proses pengelolaan treasury di Pertamina, sehingga berpotensi meningkatkan kesehatan kas perusahaan.

"Salah satu bagian dari tata kelola kas ini adalah Pertamina melakukan upaya sentralisasi rekening operasional dan mengurangi dropping dana secara manual kepada unit kerja perusahaan untuk memenuhi kebutuhan operasional. Untuk itu diperlukan penyederhanaan proses dan integrasi perangkat pencatatan secara otomatis yang dalam konteks ini penggunaan cash card, kami pandang sebagai solusinya," kata Dwi.

Adapun pemilihan mitra bank-bank BUMN untuk penyediaan cash card didasarkan pada pertimbangan sinergi antara BUMN yang sama-sama memiliki jaringan bisnis luas. Seperti diketahui, unit-unit operasi Pertamina tersebar di seluruh pelosok nusantara. Oleh karena itu, dalam penyediaan cash card ini, Pertamina memerlukan mitra yang memiliki kekuatan jaringan infrastruktur yang memenuhi kebutuhan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×