kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI sudah raup pendapatan Rp 850 miliar lewat agen BRILink


Rabu, 08 September 2021 / 09:19 WIB
BRI sudah raup pendapatan Rp 850 miliar lewat agen BRILink
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan melalui agen BRILink di Tangerang, Kamis (22/7/2021). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus mencatatkan pertumbuhan bisnis agen laku pandai. Agen BRILink tidak hanya berhasil membukukan pertumbuhan penghimpunan dana murah tetapi juga dari sisi refferal kredit mikro. 

Hingga Agustus 2021, Agen BRILink mencatatkan penghimpunan dana murah sebesar Rp 16 triliun atau tumbuh 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Sementara pencapaian referral kredit mikro melalui agen ini mencapai 100.000 per akhir Juli atau tumbuh 52% yoy. 

Alhasil, fee based income yang diperoleh perseroan dari BRILink mencapai Rp 850 miliar hingga Agustus 2021 atau tumbuh 30% yoy.  "Sampai Agustus 2021, Agen BRILink terus menunjukkan pertumbuhan yang positif baik dari sisi transaksi, perolehan dana, jumlah agen, maupun transaksi," kata Kicky Andrie Davetra Divion Head BRILink Network kepada Kontan.co.id, Selasa (7/9).

Jumlah agen BRILink juga meningkat 5% menjadi 470.000 per Agustus 2021. Menurut Kicky, ini menunjukkan minat masyarakat jadi agen masih besar seiring dengan manfaat yang didapat agen selama ini. 

Baca Juga: Ubah nama, KB Bukopin Finance kantongi izin usaha dari OJK

Hingga akhir tahun, BRI menargetkan penghimpunan dana murah lewat agen laku pandai ini mencapai Rp 15 triliun dan referral kredit sebanyak 50.000 lagi.  

Kicky bilang, peningkatan transaksi dan peran Agen BRILink yang semakin besar dalam komunitas masyarakat membuat pertumbuhan dana murah dan referral kredit mikro telah melebihi ekspektasi awal BRI.

BRI melakukan beberapa inisiatif strategis termasuk pengembangan ekosistem digital untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien terutama pada nasabah mikro dan ultra mikro.  

Untuk mendukung itu, kata Kicky, BRILink akan berkomitmen dalam meningkatkan ketersediaan layanan perbankan dan keuangan sedekat mungkin dengan masyarakat di desa mengingat jangkauan Agen BRILink sudah menjangkau 74% dari total desa yang ada di Indonesia. 

Baca Juga: Kantongi Izin OJK, Startech Gadai Jananuraga siap beroperasi

Untuk menambah peran Agen BRILink, BRI juga terus menjalin kolaborasi kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk di dalamnya BRI Group dan beberapa perusahaan rintisan (startups) yang diyakini bisa memberi nilai tambah layanan agen bagi masyarakat sekitar.

Salah satu yang sudah berjalan adalah diluncurkannya fitur Pasar BRILink dan Travel BRILink dalam platform BRILink Mobile. Itu memungkinkan agen membeli sembako dengan harga grosir ataupun masyarakat yang memiliki keterbatasan akses internet dapat melakukan pembelian produk elektronik ataupun tiket bus melalui AgenBRILink. 

Selanjutnya: Digitalisasi bank makin ramai, OJK ingatkan perbankan waspadai serangan siber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×