Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN terus memperkuat transformasi digital dengan membuka BTN Digital Store di tiga kawasan strategis Jakarta, yakni Bintaro Jaya, Bumi Serpong Damai (BSD), dan Pantai Indah Kapuk (PIK). Ketiga lokasi ini dipilih karena memiliki populasi tinggi serta aktivitas bisnis dan gaya hidup yang dinamis.
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, kehadiran BTN Digital Store menjadi langkah konkret perseroan menghadirkan layanan perbankan yang lebih modern, efisien, dan relevan dengan kebutuhan nasabah urban.
“Tiga outlet digital ini memperkuat komitmen BTN menghadirkan layanan perbankan digital yang mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini,” ujar Nixon dalam keterangan resmi, Senin (27/10/25).
Baca Juga: BTN Cetak Kinerja Moncer, Laba Capai Rp 2,3 Triliun per Kuartal III-2025
BTN Digital Store dirancang sebagai experience center dengan konsep self-service dan superstaff, sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat dan seamless. Misalnya, pembukaan rekening kini dapat dilakukan hanya dalam 3–5 menit melalui mesin digital, dibandingkan proses manual yang bisa memakan waktu hingga 40 menit. Sementara penggantian kartu debit cukup dilakukan dalam waktu dua menit.
Nixon memmaparkan, Superstaff hadir untuk memberikan pendampingan personal bila dibutuhkan, tanpa mengurangi pengalaman digital nasabah.
BTN Digital Store juga dilengkapi fitur otentikasi biometrik dan layanan pengajuan KPR secara paperless melalui aplikasi Bale by BTN. Hingga kini, BTN telah mengoperasikan enam outlet digital tetap, termasuk di KC Jakarta Kuningan, KCP DPR/MPR RI, dan KCP Bursa Efek Indonesia (BEI), serta 13 outlet non-permanen di berbagai kota seperti Bandung, Malang, Solo, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.
BTN menargetkan hingga akhir 2025 dapat membuka 23 Digital Store di berbagai lokasi strategis, mulai dari kawasan bisnis, kampus, hingga area publik. Langkah ini sekaligus menjadi bagian dari strategi BTN untuk memperkuat basis dana murah (CASA) dan memperluas akuisisi nasabah baru.
Baca Juga: Jumlah Nasabah Kaya Bank BTN Tumbuh 30% pada Kuartal III-2035
Nixon mengatakan, inisiatif digital ini akan memperkuat citra BTN sebagai bank yang adaptif, siap melayani gaya hidup digital yang serba cepat, dan berorientasi pada nasabah. Dengan upaya ini, kata Nixon, BTN diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan akuisisi nasabah baru dan menciptakan profitabilitas yang lebih baik di masa mendatang.
“BTN terus berkomitmen untuk menjaga pertumbuhan dana masyarakat dengan biaya dana yang lebih rendah, sehingga inisiatif-inisiatif digital seperti BTN Digital Store dan Bale by BTN serta inovasi untuk pengembangan produk ritel dan korporasi lainnya akan terus kami lakukan,” pungkas Nixon.
Selanjutnya: Hadiri KTT ASEAN, Prabowo: Persatuan dan Sentralitas ASEAN Kunci Stabilitas Kawasan
Menarik Dibaca: Harga Emas Semakin Turun di tengah Sinyal Kemajuan Kesepakatan AS-China
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













