kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,36   -5,93   -0.59%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Buntut kasus Jiwasraya, pengamat: Minat nasabah bergeser ke asuransi swasta


Selasa, 17 Desember 2019 / 18:44 WIB
Buntut kasus Jiwasraya, pengamat: Minat nasabah bergeser ke asuransi swasta
ILUSTRASI. Tampilan gedung kantor pusat Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Selasa (15/1). Kasus gagal bayar Asuransi Jiwasraya memberikan dampak terhadap kepercayaan masyarakat di Indonesia. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya memberikan dampak terhadap kepercayaan masyarakat di Indonesia. Diperkirakan calon nasabah asuransi lebih memilih produk asuransi swasta ketimbang Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo memperkirakan kepercayaan industri terhadap asuransi tidak menurun tetapi terjadi flight to quality, yaitu calon nasabah akan beralih pada asuransi yang berkualitas terutama ke perusahaan swasta asing.

Baca Juga: Inilah 4 kasus gagal bayar besar asuransi jiwa di Indonesia

“Mereka akan pilih asuransi swasta yang bagus dari sisi manajemen, RBC, kecepatan dan kualitas pelayanan khususnya dalam penanganan komplain dan pembayaran klaim,” kata Irvan kepada Kontan.co.id, Selasa (17/12).

Sebaliknya, kepercayaan investor justru tidak berpengaruh. Terbukti beberapa investor asing berminat masuk ke anak usaha Jiwasraya yaitu Jiwasraya Putra karena mereka melihat peluang pembenahan tata kelola perusahaan serta Standar Operasional Prosedur (SOP) Jiwasraya melalui anak usahanya.

“Investor akan menerapkan tata kelola terbaik yang dibawanya dari luar sebagai benchmark terutama dalam pengelolaan investasi,” tambah Irvan.

Baca Juga: Jiwasraya manfaatkan pasar dari karyawan BUMN untuk perbaiki likuiditas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×