kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan di Masa Pandemi


Kamis, 24 Juni 2021 / 12:00 WIB
Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan di Masa Pandemi


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menikah adalah momen yang sakral dan menjadi gerbang bagi kehidupan baru. Pernikahan yang diharapkan hanya sekali seumur hidup haruslah bisa dikenang dengan baik.

Bagi yang memutuskan untuk menikah, tentu penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar semua berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang diharapkan. Hal utama yang harus benar-benar Anda persiapkan adalah biaya pernikahan. Masalah keuangan memang sangat sensitif dalam hal apapun, terlebih saat pandemi. Oleh karena itu, saat Anda merencanakan pernikahan, pastikan bahwa dana yang digunakan adalah memang dikhususkan untuk acara tersebut.

Terlepas dari besar-kecilnya bujet pernikahan yang Anda dan pasangan miliki, akan lebih baik lagi jika Anda mengatur konsep pernikahan unik dan indah, namun tetap hemat dengan biaya yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Siapkan Dari Sekarang, Ini Siasat Menabung untuk Umrah

Anda bisa merancang dan mempersiapkan dari jauh-jauh hari agar perhitungan biaya pernikahan bisa dipersiapkan secara rinci. Ketika berada pada tahap ini, Anda dan pasangan dituntut untuk sekreatif mungkin mengusulkan ide-ide pernikahan yang murah-meriah sebagai siasat untuk berhemat.

Setelah menentukan konsep atau tema pernikahan, selanjutnya Anda bisa membuat rincian biaya yang diperlukan. Ada berbagai macam hal yang dapat memengaruhi besarnya biaya pernikahan, antara lain: lokasi pernikahan, jumlah tamu undangan, pilihan makanan, dan hiburan lainnya.  

Jika Anda sudah mengetahui jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pesta pernikahan Anda, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membuka tabungan khusus untuk biaya pernikahan. Pilihlah rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan Anda dan pasangan. Jangan menyamakan rekening gaji dengan biaya pernikahan karena akan tercampur dan Anda bisa menggunakan dana pernikahan tanpa sadar. Selain mencegah pemakaian dana yang tidak disadari, adanya rekening khusus akan selalu mengingatkan Anda pada komitmen dan tujuan awal menabung.

Jika merencanakan untuk menikah dalam jangka pendek atau kurang dari setahun, Anda sebaiknya berinvestasi pada instrumen investasi yang rendah risiko dan likuid, misalnya deposito.Salah satu bank yang menawarkan program deposito menarik, yakni PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank).

Bulan ini, J Trust Bank menawarkan program bundling deposito J Trust One di mana nasabah berkesempatan meraih keuntungan kombo dengan menikmati bunga ganda bundling, berupa bunga deposito sebesar 6,5% per tahun dan tabungan 4,25% per tahun.

Program deposito J Trust One dilaksanakan mulai 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021. Nasabah lama maupun baru dapat mengikuti program spesial ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada Tabungan J Trust One. Minimum dana kepesertaan adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk Tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Guna memeroleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program deposito J Trust One tersebut, dana yang disimpan pada Tabungan J Trust One akan ditahan (hold) dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana para program deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Kepesertaan program deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang. Namun, untuk produk deposito yang telah jatuh tempo pada program ini dapat diperpanjang dengan ketentuan suku bunga standar.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×