kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerita bank penyalur yang belum banyak salurkan KPR FLPP


Minggu, 18 November 2018 / 18:24 WIB
Cerita bank penyalur yang belum banyak salurkan KPR FLPP
ILUSTRASI. Pembangunan perumahan


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat saat ini ada 43 bank penyalur KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Dari jumlah bank ini 11 bank merupakan bank umum sedangkan 32 bank merupakan bank daerah.

Dari banyak penyalur KPR FLPP ini sebagian sudah menyalurkan KPR FLPP sesuai dengan target sampai akhir tahun. Namun beberapa di antaranya belum banyak menyalurkan KPR FLPP jika dibandingkan dengan target.

Agus Noorsanto, Direktur Utama BRI Agro mengakui penyaluran KPR FLPP belum banyak. “Yang sudah berjalan 20 unit senilai Rp 2,5 miliar,” kata Agus kepada kontan.co.id, Jumat (16/11).

Sedangkan sampai akhir 2018 ditargetkan penyaluran KPR FLPP 75 unit dengan nilai Rp 9,5 miliar. Menurut Agus, pada 2019 nanti BRI Agro bisa menyalurkan KPR FLPP minimal 500 unit.

Hirawan Nur Kustono, Sekretaris Perusahaan BRI Agroniaga menambahkan pada November 2018 ini bank menargetkan 50 pengajuan KPR FLPP bisa selesai diverifikasi Kementerian PUPR.

Syaiful Mirza, Mortgage Sales Dept Head Bank KEB Hana mencatat sampai November 2018 baru merealisasikan penyaluran KPR FLPP ke 9 nasabah dengan nilai Rp 1,1 miliar. “Ini mayoritas di Subang,” kata Syaiful kepada kontan.co.id, Jumat (16/11).

Meskipun realisasinya masih sedikit Bank KEB Hana menargetkan sampai akhir 2018 bisa menyalurkan KPR FLPP Rp 100 miliar.

Terkait realisasi KPR FLPP yang baru sedikit ini, Syaiful bilang ini karena persetujuan Bank KEB Hana sebagai penyalur KPR FLPP baru beberapa bulan lalu disetujui. Dari 9 nasabah ini adalah proyek perumahan yang ada di daerah penyangga ibukota yaitu Subang dan Bogor.

Kawasan ini merupakan kawasan industri. Untuk mencapai target Rp 100 miliar penyaluran KPR FLPP sapai akhir tahun, bank akan kerja sama dengan Gojek untuk menyediakan KPR FLPP untuk mitra yang direkomendasikan Gojek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×