Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Roy Franedya
JAKARTA. Bank CIMB Niaga cukup serius mengembangkan layanan perbankan tanpa kantor atau branchless banking. Buktinya, bank milik investor Malaysia ini terus menambah jumlah nasabah yang menggunakan produk Rekening Ponsel.
Per Juli 2013, jumlah pengguna Rekening Ponsel sudah nongkrong di angka 50.000-an. Angka ini meningkat 131% dibandingkan bulan sebelumnya.
Budiman Poedjirahardjo, Head of Branch & Branchless Banking Bank CIMB Niaga, mengungkapkan peningkatan jumlah nasabah ini karena CIMB Niaga memberikan nilai tambah lebih pada pengguna. Contohnya, bisa melakukan transfer dana secara langsung ke sejumlah pengguna ponsel.
Sebelumnya layanan ini hanya bisa mentransfer dana pada satu nomor ponsel saja. "Pengguna juga bisa melakukan tarik tunai, walaupun tidak memiliki ATM dan rekening CIMB Niaga," ujarnya, Senin (26/8).
Ada lima bank yang melakoni proyek percobaan branchless banking. Selain CIMB Niaga, ada Bank Mandiri, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Sinar Harapan Bali dan Bank Rakyat Indonesia. Proyek ini berakhir November nanti dan Bank Indonesia akan mengevaluasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News