kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciptadana AM mulai mengejar target 2017


Jumat, 09 Desember 2016 / 21:56 WIB
Ciptadana AM mulai mengejar target 2017


Reporter: Dina Farisah | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Manajer investasi (MI) tidak mau menyia-nyiakan kesempatan pada penghujung tahun. Di sisa waktu Desember yang mepet ini, masih ada MI yang meluncurkan produk baru.

Ada tiga produk baru yaitu satu reksadana terproteksi dan dua reksadana pendapatan tetap. Satu produk reksadana tetap berdenominasi rupiah dan reksadana pendapatan tetap lainnya berdenominasi dollar AS.

"Produk reksadana pendapatan tetap ini sudah lama digagas oleh Ciptadana," ujar Irvin Patmadiwiria, Direktur PT Ciptadana Asset Management (Ciptadana AM), Jumat (9/12).

Per akhir November, Ciptadana AM telah membukukan dana kelolaan sebesar Rp 3,1 triliun. Dana kelolaan tersebut berasal dari tujuh reksadana terbuka (open end) dan beberapa produk reksadana terproteksi.

Penyumbang dana kelolaan terbesar datang dari reksadana pasar uang Cipta Dana Cash dengan dana kelolaan per 31 Oktober sebesar Rp 182 miliar. Adapula produk reksadana saham bertajuk Cipta Syariah Equity dengan dana kelolaan Rp 156 miliar.

Dengan adanya tiga produk anyar ini, pihaknya berharap dapat menutup dana kelolaan Rp 3,5 triliun pada akhir tahun. Selain itu, produk baru juga diharapkan membantu Ciptadana mendapatkan dana kelolaan Rp 5,5 triliun pada akhir 2017.

Sebelumnya, Ciptadana telah memiliki satu reksadana pendapatan tetap berdenominasi rupiah bernama Cipta Bond. Berdasarkan fund fact sheet Ciptadana, produk ini membukukan dana kelolaan Rp 33,68 miliar per akhir Oktober 2016. Adapun total dana kelolaan Ciptadana saat ini mencapai Rp 3,1 triliun.

"Tahun depan, kami optimistis terhadap pertumbuhan dana kelolaan. Kami berharap dapat membukukan dana kelolaan menjadi Rp 5,5 triliun pada akhir 2017," terang Irvin.

Artinya, Ciptadana ambisius memasang pertumbuhan dana kelolaan sebesar 57%. Hal ini dengan asumsi target dana kelolaan akhir tahun tercapai di angka Rp 3,5 triliun.

Demi menggapai mimpi tersebut, Ciptadana akan menjalin kemitraan baru dengan perbankan. Saat ini, pihaknya telah memiliki tujuh mitra perbankan yang turut serta memasarkan produk reksadana Ciptadana.

Selain itu, Ciptadana juga tak berhenti meluncurkan produk baru. Setelah sukses menerbitkan DIRE dengan aset dasar (underlying asset) berupa Solo Grand Mall pada tahun 2012, pihaknya akan kembali meluncurkan setidaknya dua DIRE terbaru pada tahun depan. Satu berupa aset dasar mall dan satu lagi berupa hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×