Reporter: Ferry Saputra | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) melihat adanya tren pergeseran perilaku masyarakat yang cenderung lebih banyak mencari premi murah walau nilai pertanggungan lebih kecil.
Direktur Ciputra Life Listianawati Sugiyanto mengatakan hal itu tak terlepas dari kondisi perekonomian dan daya beli yang sedang terjadi saat ini.
"Di tengah tantangan ekonomi yang sedang dialami, Ciputra Life melihat tren masyarakat sekarang lebih banyak mencari premi murah walau nilai pertanggungan lebih kecil," ungkapnya kepada Kontan, Senin (27/10/2025).
Baca Juga: Ciputra Life Beberkan Penyebab Pendapatan Premi Tertekan per September 2025
Listianawati menerangkan pergeseran perilaku masyarakat itu tercermin dari penurunan pendapatan premi Ciputra Life. Adapun pendapatan premi perusahaan mencapai Rp 365,02 miliar per September 2025 atau terkontraksi 16,63% secara Year on Year (YoY).
Pergeseran perilaku masyarakat itu khususnya menekan pendapatan premi asuransi jiwa kredit yang menjadi penopang utama premi perusahaan. Dia bilang pendapatan premi perusahaan hampir 80% berasal dari kontribusi produk asuransi jiwa kredit yang merupakan premi tunggal baik untuk melindungi nasabah yang mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maupun kredit kendaraan bermotor.
"Penurunan pendapatan premi tunggal pada semester I-2025 disebabkan penurunan premi asuransi jiwa kredit yang dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi global dan domestik, serta melemahnya daya beli masyarakat. Hal itu menyebabkan masyarakat lebih berhati-hati dalam mengambil kredit," tuturnya.
Baca Juga: Ciputra Life Catatkan Pertumbuhan Laba 10% per September 2025
Untuk mengatasi tantangan itu, Listianawai mengungkapkan Ciputra Life terus berinovasi menghadirkan produk yang fleksibel dengan premi terjangkau, tetapi tetap memberikan manfaat perlindungan yang relevan dan bernilai. Dia juga bilang Ciputra Life akan terus berfokus untuk meningkatkan layanan agar lebih fleksibel, efisien, dan terjangkau tanpa mengurangi kualitas layanan kepada nasabah melalui proses digitalisasi.
Selain asuransi jiwa kredit, Ciputra Life juga berfokus pada pemasaran produk Ciputra Medical Insurance yang merupakan asuransi kesehatan kumpulan pada 2025.
Selanjutnya: Bitcoin Rebound ke US$115.000: Sinyal Bullish Muncul, Tapi Pasar Masih Waspada
Menarik Dibaca: 5 Kesalahan Pakai Conditioner Setelah Keramas, Bikin Rambut Lepek!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













