Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Citi Indonesia meresmikan tiga Smart Branch alias kantor cabang pintarnya di Jakarta. Smart Branch ini merupakan kantor cabang model baru yang menawarkan solusi terbaik yang dikemas secara sederhana dan fleksibel, serta didukung oleh kemampuan digital kelas dunia.
"Smart Branch ini mengusung inovasi teknologi Citi yang menawarkan pengalaman perbankan terbaik yang juga selaras dengan tujuan kami untuk menjadi bank digital terdepan," ujar Michael Zink, Head of Citi for ASEAN pada acara peresmian Citi Smart Branch, kemarin malam.
Menurut dia, pembukaan Smart Branch sekaligus menandai komitmen bank asal Amerika Serikat tersebut untuk terus melakukan investasi dan ekspansi di Indonesia. "Kami mendukung nasabah kami di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan pasar terpenting bagi Citi Global," tutur dia.
Bagi Citi Global, konsep kantor cabang pintar ini bukan pertama kalinya. Ada 100 Smart Branch yang telah beroperasi melayani nasabah di seluruh kawasan Asia Pacific. Namun, bagi Citi Indonesia, tiga Smart Branch ini akan mengawali upayanya mewujudkan Citi Signature Experience.
Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia mengatakan, nasabah di Indonesia sudah siap dan menginginkan solusi perbankan yang lebih baik untuk mendukung kebutuhan mereka yang dinamis. Karenanya, Citi Indonesia menghadirkan solusi yang telah lama dinantikan dalam bentuk Smart Branch.
Secara keseluruhan, Citi Indonesia memiliki 20 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dua Smart Branch di Kelapa Gading dan Gedung Prince Center di Jalan Jendral Sudirman adalah konversi dari kantor cabang tradisional, sedangkan Smart Branch di Gedung APOL di Jalan Abdul Muis merupakan yang teranyar.
"Saat ini, ada tiga Smart Branch yang kami hadirkan ke nasabah Citi Indonesia. Kami akan lihat nanti respon nasabah seperti apa. Tidak tertutup kemungkinan kami akan menambah jumlah Smart Branch, baik buka kantor baru atau pun mengkonversi dari kantor cabang yang sudah ada," imbuh dia.
Setiap Smart Branch hadir dengan Citi Workbench yang memiliki fitur teknologi layar datar terbaru. Nasabah yang berkunjung dapat melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening, pendaftaran Citibank Internet Banking, serta proses aplikasi digital bebas kertas lainnya.
Kantor cabang pintar ini dilengkapi dengan ruang pertemuan dan ruang video conference yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan konsultasi pribadi dengan spesialis perbankan dan Relationship Manager Citi. Di kantor model terbaru ini, Citi juga menghadirkan Citigold Lounge untuk meningkatkan kenyamanan nasabah.
"Perbankan ritel terus berkembang sesuai dengan kebutuhan para nasabah yang kian dinamis dan Smart Branch berada di garis depan dari perubahan ini. Selain Smart Branch, kami juga memiliki lima Smart ATM," tutur Lauren Sulistiawati, Country Business Manager, Global Consumer Banking Citi Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News