kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CROWDE bersama BJB Salurkan KUR bagi petani di Jawa Barat


Jumat, 06 November 2020 / 21:45 WIB
CROWDE bersama BJB Salurkan KUR bagi petani di Jawa Barat
ILUSTRASI. Pada Selasa (03/11/2020) lalu, kerja sama antara CROWDE dan bank bjb dalam penyerahan modal kerja berupa KUR bagi petani di Jawa Barat resmi berlanjut, dengan tujuan menjadikan mitra petani sebagai ultra entreprneur.


Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Berlanjutnya kerja sama antara CROWDE dan Bank BJB ditandai oleh seremoni Penandatanganan Addendum Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan di Puncak Manis, Jalan Sukamanis, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (03/11/2020).

Kerja sama berlanjut dengan penyerahan modal kerja berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat) bagi petani di Jawa Barat yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sudradjat, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi Ardrana Trisnawiana, Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, CEO Regional IV bank bjb Edy Kurniawan Saputra, Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Pelabuhan Ratu Yogi Yogiswara, Pemimpin Cabang Daan Mogot Ida Farida, serta Perwakilan dari Regional l bank bjb. CROWDE dipilih sebagai perusahaan bidang pertanian yang menaungi petani binaan.

Pihak Bank BJB percaya bahwa ekonomi suatu wilayah harus dimulai dari pelaku usaha dan petani lokalnya. Yang mana CROWDE punya peran sebagai mitra yang dapat memfasilitasi serta memberi pendampingan kepada para petani.

"Kami ada untuk mendukung petani, bersama CROWDE untuk membawa petani ke level yang lebih tinggi dimulai dari memiliki kemampuan mengelola keuangannya sendiri", ungkap Denny Mulyadi.

CEO dan Co-Founder CROWDE Yohanes Sugihtononugroho juga menambahkan bahwa mitra petani merupakan ultra entrepreneur karena mereka berlaku sebagai konseptor di bisnisnya sendiri. Mitra petani mulai menjalankan bisnis dengan mengurus pendanaan, perencanaan budi daya, sampai melakukan penjualan/pemasaran. Sehingga permodalan beserta pengelolaan modal bisa menjadi salah satu misi yang mampu menaikkan level petani dan membuat hidup mereka jadi lebih sejahtera.

Kerja sama yang terjalin di antara keduanya terkait penyaluran KUR Mikro menggunakan metode crowd-lending. Bank bjb menyuntikkan permodalan melalui CROWDE untuk kemudian dapat memberi kemudahan pembiayaan bagi para petani agar usaha mereka dapat lebih produktif dan terus berkembang.

Tidak hanya sampai di situ, mitra petani CROWDE juga akan mendapat dukungan atas seluruh proses peningkatan kapasitas produksi pangan dari awal masa tanam hingga panen. CROWDE yang telah bekerja sama dengan 9 institusi off-taker dan 118 ritel off-taker akan memastikan penyerapan hasil panen petani lebih maksimal.

Hingga kini, mitra petani binaan CROWDE di seluruh Indonesia telah mencapai 24.769 petani dan ada 3.215 mitra toko tani yang akan berperan sebagai penyalur permodalan sistem cashless dengan menyalurkan modal kerja dalam bentuk saprodi (sarana produksi) yang dibutuhkan petani saat berbudidaya.

Sedangkan, bersama Bank BJB - CROWDE telah menggarap total luas area lahan mencapai 33 hektar dengan total mitra sebanyak 66 petani. Nantinya akan terus meluas ke Kabupaten Sukabumi dan juga wilayah Garut serta Cianjur agar dapat selalu mendukung para petani secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×