Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform dompet digital DANA resmi meluncurkan Posko Bantuan Keliling, sebuah layanan edukasi dan pendampingan keamanan transaksi digital yang akan menyambangi 16 kota di Indonesia selama enam bulan ke depan.
Inisiatif ini hadir di tengah maraknya kasus penipuan online yang semakin mengkhawatirkan, dengan lebih dari 128 ribu laporan tercatat oleh OJK hingga Mei 2025, dan kerugian ditaksir mencapai Rp 2,6 triliun.
Kegiatan perdana Posko Bantuan Keliling digelar pada 5–6 Juni 2025 di empat lokasi di Jakarta: Taman Banjir Kanal Timur (Jakarta Timur), Taman Waduk Pluit (Jakarta Utara), Taman Catleya (Jakarta Barat), dan Taman Puring (Jakarta Selatan). Posko ini akan hadir rutin setiap Kamis dan Jumat, pukul 09.00–15.00 waktu setempat, dan terbuka untuk masyarakat secara gratis.
Baca Juga: Fitur Terbaru GoPay Ada Program Pemerintah, Begini Cara Penggunaannya
“Inisiatif ini lahir dari kebutuhan nyata, bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya menjaga keamanan digital,” ujar Cary Piantono, Chief Risk Officer DANA Indonesia dalam keterangan tertulis, Kamis (5/6).
Ia menekankan pentingnya kebiasaan sederhana seperti memperbarui aplikasi secara berkala serta menjaga kerahasiaan PIN dan OTP agar terhindar dari risiko kebocoran data.
DANA menargetkan inisiatif ini dapat menjangkau 1 juta pengguna secara langsung dan 50.000 pengguna secara daring. Selain memberikan pendampingan teknis, DANA juga mengajak masyarakat untuk mengaktifkan fitur Scam Checker sebagai langkah preventif terhadap penipuan digital.
Baca Juga: Dompet Digital Perbanyak Transaksi Lewat Ekspansi
Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA, menambahkan bahwa kehadiran Posko Bantuan Keliling merupakan bagian dari komitmen DANA dalam menciptakan ekosistem digital yang aman dan inklusif.
“Teknologi yang aman bukan hanya soal sistem, tapi juga tentang kehadiran nyata untuk memberikan edukasi dan rasa aman kepada pengguna,” katanya.
Layanan posko ini ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kelompok rentan seperti pelaku UMKM dan lansia. Masyarakat dapat berkonsultasi langsung, menyampaikan keluhan, memperbarui aplikasi, hingga terhubung ke tim daring untuk penanganan cepat.
Bagi masyarakat di luar jangkauan posko fisik, DANA menyediakan sesi edukasi daring melalui livestream tiap Kamis pukul 17.00–18.00 WIB di Instagram, TikTok, dan aplikasi DANA. Pengguna dapat menyampaikan keluhan dan menerima solusi langsung melalui jalur prioritas.
Baca Juga: DANA Bawa Posko Bantuan Keliling ke 16 Kota untuk Bantu Transaksi Pengguna Makin Aman
Selanjutnya: Rebusan Daun Salam Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Ini Cara Buatnya
Menarik Dibaca: Rahasia Resep Sambal Lamongan untuk Pecel Lele, Ternyata Ini yang Bikin Laris
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News