kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapat KUR BNI, debitur ini raup cuan dari bisnis tauge


Selasa, 18 Februari 2020 / 19:44 WIB
Dapat KUR BNI, debitur ini raup cuan dari bisnis tauge


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Tidak ada yang mengetahui nama Heri Kiswanto di lingkungan rumahnya di bilangan Bogor, Jawa Barat. Tetangga dan masyarakat sekitar hanya mengenalnya dengan nama Mas Toge.

Sesuai nama panggilannya, Heri adalah seorang petani tauge. Uniknya, dia dapat bertani di lantai 1 rumahnya dengan metode khasnya yang tidak membutuhkan lahan yang luas. "Tanaman tauge tidak dapat terkena matahari secara langsung. Jadi saya dapat menanamnya di lantai 1 rumah saya yang lahannya tidak begitu luas. Tanaman tauge hanya perlu kebersihan air dan tangan dari yang mengelolanya," ujar Heri saat ditemui di Bogor, Sabtu (15/2) lalu.

Baca Juga: Bank besar akan pacu penyaluran KUR produksi, begini caranya

Pada awalnya, Heri yang mengandalkan pembiayaan pribadi (self-financing) dapat memproduksi satu kuintal tauge per hari. Setelah mendapatkan permodalan murah dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) melalui produk KUR (Kredit Usaha Rakyat), Heri dapat menghasilkan dua kuintal tauge per hari. 

"Pelayanan BNI sangat ramah dan sistem digitalnya memudahkan saya untuk membayarkan cicilan per bulannya," ujar Heri.

Heri mengaku bahwa dirinya memasarkan sendiri tauge hasil panennya di 21 lapak yang tersebar di Pasar Bogor, Pasar Seketeng, Pasar Sukasari, Pasar Merdeka, Pasar Presiden, dan Pasar Jambu Dua di daerah Bogor.

Boleh jadi, lancarnya bisnis tauge menjadi berkah bagi tiga pegawai Heri. Tidak itu saja, pedagang kacang hijau pun ikut menikmatinya. Heri perlu satu kilogram kacang hijau untuk menghasilkan 8 kilogram tauge. Bayangkan jika yang diproduksi mencapai dua kuintal atau 200 kilogram kacang hijau.

Baca Juga: Capai target tahun lalu, BNI makin getol salurkan KUR di 2020

Proses penanaman tauge terbaik menurut Heri adalah pada tengah malam, agar hasilnya bisa optimal. Hasil kerja keras sehari-hari ini berbuah manis karena harga tauge masih cukup tinggi.

Peningkatan usaha tauge Heri ini juga menjadi bagian dari penyaluran KUR BNI yang di periode Januari 2020 telah tersalurkan sebesar Rp 1,6 triliun, atau meningkat 20% dibandingkan penyaluran Januari 2019 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×