kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   0,00   0,00%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Data FFI 2024 OCBC: Kesadaran Masyarakat Akan Kesejahteraan Finansial Meningkat


Jumat, 16 Agustus 2024 / 17:34 WIB
Data FFI 2024 OCBC: Kesadaran Masyarakat Akan Kesejahteraan Finansial Meningkat
Peluncuran data terbaru Financial Fitness Index (FFI) 2024 oleh?Bank OCBC NISP.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank OCBC NISP Tbk melalui data terbaru dari Financial Fitness Index (FFI) 2024 melaporkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk menyeimbangkan gaya hidup dan kesejahteraan finansial jangka panjang meningkat.

Dalam laporannya, skor finansial fitness Indonesia pada tahun 2024 berhasil stabil pada angka 41.25, menandakan bahwa masyarakat Indonesia telah berhasil mempertahankan hasil skor finansialnya. 

Adapun kenaikan signifikan terlihat dari 25% generasi muda memiliki dana darurat (naik dari 17%), sebuah kemajuan yang patut di apresiasi. Hal ini bisa menjadi indikator adanya perubahan sikap dan mindset, terutama di kalangan muda yang tetap ingin menikmati hidup. 

Baca Juga: Laba Bank KBMI 3 Terdampak Kenaikan Beban di Semester I-2023, Cek Saran Analis

Dengan mengusung tema FUNanciallyFIT, ini menjadi kali keempat OCBC meluncurkan FFI, dengan tujuan membawa pesan bahwa menjalani gaya hidup yang menyenangkan dan secara bersamaan tetap aman secara finansial adalah hal yang mungkin untuk diwujudkan. 

Setidaknya sebanyak 39% anak muda punya tujuan utama menabung untuk kebutuhan lifestyle. Hal ini menunjukkan generasi muda saat ini fokus pada kesenangan jangka pendek. 

Berdasarkan temuan ini, OCBC terinspirasi untuk mengajak generasi muda untuk menikmati hidup (FUN) sekaligus mengelola keuangan dengan tepat melalui layanan perbankan yang mudah diakses dan dipahami, serta mendorong kedisiplinan finansial dalam jangka panjang.

Amir Widjaya, Executive Director Marketing & Lifestyle Business OCBC mengatakan, Financial Fitness Index (FFI) mempunyai tujuan utama yakni mendorong kebugaran finansial yang menyenangkan (FUNanciallyFIT) untuk semua tanpa terkecuali, di mana hasil riset tahun ini menunjukkan peningkatan kesehatan finansial di rentang penghasilan 5-15 juta serta kesadaran akan dana darurat.

Baca Juga: Sah! OCBC NISP Kantongi Restu Merger dengan Bank Commonwealth

Menurutnya ini merupakan pencapaian yang patut di apresiasi bagi generasi muda, dimana sisi lain merekapun harus paham memanfaatkan produk perbankan untuk keputusan finansial yang cerdas. Dengan informasi yang tepat, inklusi produk perbankan, dan pengelolaan keuangan yang baik, masyarakat bisa menjadi smart spender dan smart saver. 

"Hasil akhirnya, kesehatan finansial bisa tetap FIT dengan lifestyle yang FUN, serta menciptakan keseimbangan antara kesenangan saat ini dan kesejahteraan finansial jangka panjang," ungkap Amir, Jumat (16/8).

Diperkuat dengan ekosistem yang terus memperkaya pengetahuan akan sehat secara finansial, Amir menyebut OCBC menyediakan berbagai solusi seperti Kelas Ruang Menyala dan Nyala Coach untuk pembelajaran finansial lewat sesi beragam. 

Fitur terbaru melalui Financial Fitness Check Up versi lite, memudahkan semua orang untuk mengecek kondisi keuangan pribadi di aplikasi OCBC Mobile. Tidak hanya pengetahuan kondisi keuangan, OCBC juga menyediakan ragam produk untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup yang berkembang termasuk Global Debit & Kartu Kredit untuk menjawab kebutuhan traveling dan juga daily lifestyle.

Hasil riset FFI 2024 juga menunjukkan 80% anak muda menghabiskan uang untuk menyesuaikan dengan gaya hidup teman-temannya, naik dari 73% di tahun 2023. Menandakan bahwa potret akan FOMO (Fear of Missing Out) yang kuat masih terjadi di kalangan generasi muda. 

Ini menggarisbawahi perlunya literasi keuangan yang lebih baik untuk membuat keputusan pengeluaran yang lebih bijak. Dengan memahami baik itu produk maupun layanan perbankan, maka manfaat yang diperoleh bisa maksimal. 

Baca Juga: Presdir OCBC Beberkan Penyebab Kinerja Moncer di Semester I-2024

Menanggapi tren tersebut, Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NielsenIQ (NIQ) Indonesia mengungkapkan bahwa anak muda Indonesia sebenarnya sudah menunjukkan perubahan positif dalam perilaku keuangan dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi, mencatat keuangan, dan memiliki dana darurat. 

Di antara mereka yang sudah mencatat keuangan, 41% sudah memiliki dana darurat (sebesar 6 bulan gaji), angka ini naik sebesar 12% dari tahun sebelumnya. Di sisi lain, anak muda yang belum melakukan pencatatan keuangan, baru 21% yang punya dana darurat. 

"Hal ini menandakan peningkatan kesadaran akan literasi keuangan, bukan hanya dalam pengetahuan tapi juga dalam praktik, dengan memiliki dana darurat dan menerapkan kebiasaan mencatat keuangan mereka,” ungkap Inggit

Selain itu, anak muda yang punya tujuan utama menabung untuk kebutuhan lifestyle (barang mewah, hobi mewah, travelling), tetapi juga diiringi menabung untuk kebutuhan non-lifestyle (modal & aset/dana proteksi/investasi) cenderung lebih sehat secara finansial, di mana skor financial wellness mereka sebesar 44,16. 

Baca Juga: BTN Fokus Memperkuat Manajemen Risiko, Ini Hasilnya

Sehingga, konsep FUNanciallyFIT tepat sebagai pendorong generasi muda untuk terus menikmati hidup dengan cara yang menyenangkan, sambil tetap menerapkan prinsip-prinsip keamanan keuangan yang solid.

Lebih jauh, OCBC juga memperkenalkan Nobody Award, penghargaan yang diberikan kepada siapa saja yang mampu menjadi inspirasi. Sehingga konsep FUNanciallyFIT yang dirancang untuk mengintegrasikan FUN dengan gaya hidup tapi tetap FIT dalam keuangan, menunjukkan bahwa kemerdekaan finansial dapat dicapai oleh semua orang. Terinspirasi dari konsep serupa, OCBC juga telah menerapkan di internal karyawan melalui kampanye #FinanciallyFit Hero. 

Program ini mencari 'champion' keuangan untuk menginspirasi yang lainnya, dimulai dengan Financial Fit Check Up bagi karyawan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kesehatan keuangan mereka. Skor keuangan internal OCBC adalah 54,11, menunjukkan literasi keuangan di atas rata-rata masyarakat Indonesia.

“Seperti hasil survei dari Harvard Business Review ketika seseorang memiliki kesehatan finansial, mereka akan merasakan kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan dan menampilkan sisi terbaik mereka di tempat kerja atau dimanapun. Untuk itu, OCBC percaya merdeka secara finansial itu bisa dilakukan semua orang dan melalui FFI menjadi bagian komitmen kami untuk terus berjuang bersama masyarakat meningkatkan skor Financial Fitness Index Indonesia,” kata Amir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×