kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Digitalisasi Layanan Multifinance Berkontribusi Positif Bagi Konsumen dan Perusahaan


Selasa, 21 Februari 2023 / 21:52 WIB
Digitalisasi Layanan Multifinance Berkontribusi Positif Bagi Konsumen dan Perusahaan
ILUSTRASI. Multifinance mengembangkan diri pada ranah digitalisasi bisnis,./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/20/02/2020


Reporter: Maria Gelvina Maysha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Multifinance juga mengembangkan diri pada ranah digitalisasi bisnis, seperti PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) dengan aplikasi KAWAN dan PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance) dengan Adiraku. Adanya digitalisasi layanan multifinance lewat aplikasi itu memberikan kontribusi positif bagi konsumen dan pihak perusahaan sendiri.

Misalnya saja pada aplikasi KAWAN yang baru 1 tahun berjalan, fitur pembayaran angsuran secara cashless telah meng-cover 15% target yang dibebankan managemen atau setara dengan 700 dari 6000 transaksi pembayaran, ungkap Direktur WOM Finance Cincin Lisa Hadi.

“Hal itu merupakan permulaan yang cukup baik yang menandakan konsumen cukup antusias dalam menyambut aplikasi KAWAN di pasar,” ujar Lisa kepada Kontan, Selasa (21/2).

Baca Juga: Lampaui Ekspetasi, WOM Finance Sebut Aplikasi KAWAN Sudah Diunduh Lebih dari 125 Ribu

Dari segi konsumen sendiri, aplikasi KAWAN dibuat untuk mempermudah konsumen aktif maupun baru dalam berinteraksi dengan WOM. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama, di antaranya pengajuan pembiayaan sekaligus tracking pengajuan, pembayaran angsuran cashless, informasi mengenai lokasi cabang melalui Google Maps, dan fitur-fitur lain.

Selain itu untuk konsumen aktif, WOM Finance juga memberikan fitur tambahan yang mempermudah konsumen memperoleh informasi kontrak, tanggal jatuh tempo, dan dokumen perjanjian pembiayaan.

Ke depannya aplikasi tersebut akan terus dikembangkan dengan menambah fitur-fitur baru yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti mempercepat proses persetujuan pengajuan pembiayaan, memberikan lebih banyak opsi payment channel, hingga bekerja sama dengan merchant-merchant sehingga konsumen dapat lebih nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan WOM Finance.

Sementara itu, Adiraku milik Adira Finance juga berkontribusi positif bagi perusahaan maupun konsumen.

Direktur Utama Adira Finance I Dewa Made Susila mengatakan sepanjang tahun lalu aplikasi tersebut telah membantu calon konsumen lewat katalog produk pembiayaan, baik produk otomotif, non otomotif dan dana tunai yang dilengkapi pula dengan simulasi kreditnya serta ada pula fitur pengajuan kredit.

Di samping itu pengguna yang sudah menjadi konsumen Adira Finance dapat memanfaatkan aplikasi untuk melihat detail kontrak pembiayaan, membayar angsuran, melihat riwayat pembayaran, unduh dokumen kontrak, dan berkesempatan mendapat program loyalty reward Adirapoin yang dapat digunakan untuk dapat potongan biaya angsuran atau ditukarkan dengan berbagai voucher pulsa, belanja, listrik, e-money dan berbagai keuntungan lain.

Selain itu, Adiraku juga menyediakan solusi keuangan lain, seperti produk asuransi dan e-wallet dari mitra, pembukaan rekening Bank Danamon, serta solusi otomotif seperti voucher service dan tukar tambah kendaraan.

Baca Juga: Alhamdulillah, Pembiayaan Syariah Multifinance Makin Merekah

Lalu kontribusinya bagi perusahaan, Adiraku memberikan efisiensi waktu dan biaya. Tercatat sepanjang tahun 2022 lalu aplikasi tersebut telah memiliki 38% pengguna aktif dan setiap bulannya ada sekitar 100 ribu konsumen melakukan pembayaran angsuran melalui aplikasi, serta adanya fitur customer service juga membuat perusahaan bisa lebih efektif dalam melayani konsumen.

Ke depannya, Made menargetkan agar Adiraku dapat menembus 5 juta user dalam dua tahun ke depan dengan menambahkan berbagai tambahan fitur solusi keuangan sesuai kebutuhan konsumen dan calon konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×