kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dompet mata uang kripto palsu ditemukan di Google Play


Jumat, 19 Januari 2018 / 19:40 WIB
Dompet mata uang kripto palsu ditemukan di Google Play
Dompet Cryptocurrency Palsu Ditemukan di Google Play


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepekan terakhir ini, pengguna Reddit melaporkan dua aplikasi di Google Play yang telah menipu pengguna dengan menyamar sebagai dompet cryptocurrency. Dompet-dompet palsu ini adalah ADA Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet.

Aplikasi ini diunggah oleh developer bernama CryptoWallmart dan masing-masing telah diunduh sebanyak 100 dan 500 kali.

“Dengan meningkatnya popularitas cryptocurrency, bukan hal yang mengherankan bila melihat aplikasi jahat yang menyamar sebagai dompet uang digital di Google Play Store. Kami sendiri telah melihat aplikasi penambang cryptocurrency yang berpura-pura menjadi aplikasi populer di Google Play Store,” ujar Nikolaos Chrysaidos, Head Mobile Threat Intelegece and Security, Avast dalam siaran pers yang Kontan.co.id terima pada Jumat (19/1).

Nikolaos mengatakan dompet ADA Cardano Crypto Wallet menipu pengguna sebagai dompet resmi Daedalus untuk cryptocurrency Ada Cardano. Aplikasinya menggunakan logo Daedalus dan mengklaim akan mengonversi koin cryptocurrency seperti Bitcoin dan Litecoin menjadi ADA Cardano. Namun, setelah dikirim ke alamat yang terdaftar di aplikasi, uangnya akan lenyap.

Sementara itu, dompet All Crypto Currency Wallet mengklaim diri sebagai dompet multi-coin. Aplikasinya terlihat praktis. Namun, alih-alih menjadi dompet yang praktis, ia mencuri cryptocurrency yang dikirimkan kepadanya untuk diamankan.

Aplikasinya bahkan menyertakan bonus untuk pengembangnya: tautan afiliasi dari Changelly, sebuah layanan yang membantu pemilik cryptocurrency menukar koin mereka dengan nilai tukar terbaik yang ada.

“Ketika pengguna mengeklik tautan afiliasinya dan menukar cryptocurrency yang mereka miliki dengan Changelly, CryptoWallmart, sebagai pengembang ADA Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet, akan mendapatkan 50% dari pendapatan dari Changelly,” ujar Nikolaos.

Adapun langkah untuk melindungi perangkat seluler dengan mengunduh dan memasang aplikasi antivirus, yang akan bertindak sebagai jaring pengaman dan melindungi Anda dari aplikasi jahat.

Selain itu, jangan mengunduh aplikasi selain dari toko aplikasi resmi, yang biasanya memeriksa keamanan aplikasi sebelum disediakan untuk umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×