kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,15   3,52   0.38%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Virus corona rupanya bisa pengaruhi kerjasama CIMB Niaga dengan WeChat


Kamis, 30 Januari 2020 / 20:35 WIB
Virus corona rupanya bisa pengaruhi kerjasama CIMB Niaga dengan WeChat
ILUSTRASI. Platform pembayaran dari China yaitu WeChat dan Alipay di pusat perbelanjaan di Jakarta. KONTAN/Muradi/2019/07/25


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk dapatkan lisensi dari Bank Indonesia guna melakukan kerja sama dengan WeChat. Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan mengatakan, pihaknya baru mendapatkan lisensi tersebut pada Januari ini.

Tigor menambahkan, dengan adanya ketentuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tersebut nantinya bank-bank seperti CIMB Niaga akan mengetahui flow data dari transaksi para wisatawan asing. 

Baca Juga: Bank pelat merah sambut beleid konglomerasi keuangan

“Karena sebelumnya itu kalau nggak bekerjasama dengan bank seperti kita, transaksi itu bisa dia pakai WeChat atau Alipay dari negaranya di China, transaksinya di sini," kata dia kepada Kontan.co.id.

"Kalau dengan ketentuan begini, jadi ya diharuskan berpartner dengan bank seperti kami yang kebetulan di percaya oleh BI mendapatkan lisensi ini supaya perputarannya itu lewat kita juga," lanjut Tigor.

Namun, menurut Tigor, adanya kasus virus corona memiliki pengaruh dalam jangka pendek, tapi untuk jangka panjang akan menjadi hal yang bagus bagi market. WNA akan berpikir ulang untuk lakukan perjalanan wisata, termasuk ke Indonesia.

Sehingga membuat kerjasama yang dijalin akan terganggu dalam jangka pendek..

Baca Juga: Laba OCBC NISP tumbuh 11% jadi Rp 2,9 triliun di tahun 2019

“Ya karena kan orang tarvelling bakal mikir-mikir, di kerumunan orang banyak mungkin akan mikir-mikir, jadi apakah dia spending untuk makan, untuk nonton, atau untuk naik pesawat atau apa ya pasti akan mikir-mikir," kata Tigor.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×