kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Program Kendaraan Listrik, Bank Mandiri Gandeng Juara Bike (Selis)


Jumat, 20 Januari 2023 / 13:14 WIB
Dukung Program Kendaraan Listrik, Bank Mandiri Gandeng Juara Bike (Selis)
RCEO III/Jakarta 1 Bank Mandiri, I Gede Raka Arimbawa (kiri) berbincang dengan CEO PT Juara Bike (SELIS) Wilson Teoh saat penyerahan 36 unit motor listrik dan sepeda listrik operasional untuk 11 area dibawah Region III di Jakarta, Jumat (20/1/2023).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerapan pilar Environment, Social, Governance (ESG) sudah menjadi faktor yang sangat penting dalam penunjang bisnis di semua sektor untuk bisa tetap tumbuh berkelanjutan.

Tidak hanya oleh perusahaan swasta, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga fokus menerapkan ESG untuk menciptakan ekosistem bisnis dan ekonomi yang berkelanjutan.

Sebagai wujud komitmen menciptakan ekonomi berkelanjutan, Bank Mandiri berkolaborasi dengan PT Juara Bike, perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan kendaraan ramah lingkungan berbasis sumber daya listrik.

Kolaborasi tersebut sekaligus menjadi dukungan Bank Mandiri terhadap program pemerintah dan Kementerian BUMN dalam percepatan pengembangan kendaraan listrik.

RCEO III/Jakarta 1 Bank Mandiri I Gede Raka Arimbawa mengatakan, pada tahun 2023 Bank Mandiri Region III kawasan Kota Tua Jakarta akan mulai menggunakan kendaraan berbasis listrik.

“Komitmen ini sejalan dengan Program Pemprov DKI Jakarta yang menjadikan kawasan Kota Tua sebagai kawasan pedestrian yang menerapkan kebijakan Low Emission Zone (LEZ),” ungkap Gede dalam keterangan resminya, Jumat (20/1).

Baca Juga: Bank Mandiri (BMRI) Mendapat Mandat Salurkan KUR Tahun 2023 Sebesar Rp 48 Triliun

Penyerahan kendaraan listrik dari Region ke Area untuk operasional dilaksanakan pada Jumat (20/1). Gede menambahkan, kerja sama ini turut menjadi bentuk dukungan Bank Mandiri untuk mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) di tahun 2030 dan Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 dan diharapkan, penggunaan kendaraan listrik dapat terus ditingkatkan di seluruh wilayah kerja Bank Mandiri.

Ia menambahkan, Bank Mandiri secara konsisten terus melanjutkan komitmen untuk menjaga dan meningkatkan prinsip keuangan berkelanjutan (sustainable finance) yang dapat berkontribusi secara langsung terhadap industri keuangan nasional.

“Antara lain dengan mengembangkan pembiayaan yang selaras dengan POJK 51/2017, Roadmap NDC/NZE Indonesia, serta framework ESG (Environmental, Social and Governance) yang mengacu pada best practices,” imbuhnya.

PT Juara Bike atau SELIS salah satu pioneer kendaraan listrik di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2011. Perusahaan telah mendapatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi dengan nilai 53,69% di Industri Kendaraan sepeda dan motor listrik di Indonesia.

“Kami adalah pioneer produksi kendaraan listrik dan perusahaan kami juga telah bersertifikasi untuk melakukan konversi kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik berbasis baterai, sesuai dengan Instruksi Presiden no 7 Tahun 2022,” papar Edi Hanafiah Kwanto, Direktur PT Juara Bike.

Edi menambahkan, kerja sama dengan Bank Mandiri sebagai bank terbesar sekaligus BUMN ini adalah langkah yang tepat. Sebabnya, kolaborasi ini menjadi momentum atau contoh bagi BUMN dan perusahaan lain untuk percepatan pengadaan kendaraan bermotor listrik dan menekan emisi karbon sesuai program pemerintah.

Adapun, total kendaraan listrik yang diserahkan sebanyak 36 unit yang akan disalurkan ke 11 area di bawah koordinasi Bank Mandiri Region III yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Provinsi Banten, Tangerang hingga Cilegon.

“Dengan adanya kendaraan listrik ini, kami berharap bisa mendukung kelancaran operasional, mobilitas pegawai dan sekaligus mendukung program pemerintah dalam menekan emisi karbon.” pungkas Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×