kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45736,73   34,31   4.88%
  • EMAS931.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Erick Thohir menanti gebrakan Agus Martowardojo di BNI


Jumat, 21 Februari 2020 / 09:18 WIB
Erick Thohir menanti gebrakan Agus Martowardojo di BNI
ILUSTRASI. Mantan Menkeu Agus Martowardojo (kanan) . ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sebagai Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Erick Thohir menaruh harapan tinggi kepada Agus. Ia menanti gebrakan Agus dalam memantau kinerja direksi BNI. "Kalau kemarin selalu saya bilang 'Oh Bank Mandiri talent full-nya lebih baik' ini kesempatan bagi BNI dengan Komut Pak Agus Marto, masa talent full-nya enggak bisa lebih baik," katanya ditemui di Hotel Pasific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Erick mengungkapkan, pemilihan Agus Marto sebagai Komisaris Utama BNI tak lepas dari latar belakang Agus. Bagi Erick, masuknya Agus ke BNI adalah hal luar biasa. "Saya rasa seperti selalu saya bicarakan, ini kan reformasi yang ada di BUMN. Ketika figur-figur besar seperti Pak Agus Marto mau membantu kami sebagai Komut BNI, bekas dari gubernur BI dan menteri keuangan loh, itu sesuatu yang luar biasa," ujarnya.

Baca Juga: Agus Martowardojo jadi Komut BNI, Erick Thohir: Sudah saatnya BNI naik kelas

Kepada Agus Martowardojo, Erick Thohir mengingingkan BNI ini agar bisa berkembang lebih baik lagi. Apalagi di saat era disrupsi, menurut dia, harus ada perubahan bisnis model. "Ketika kita berbicara Bank Mandiri, dari BNI mungkin tersinggung. Sekarang saya berikan Komut terbaik Pak Agus Marto. Nah, sekarang bisa enggak BNI jadi talent pool. Sama seperti Telkom, bisa enggak membuktikan bergerak menjadi Telkom yang dulu yang sangat besar," katanya.

Agus Marto lahir di Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956. Ia berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi pada usia 28 tahun dari Universitas Indonesia. Dalam pendidikan ini, Agus juga meneruskan kuliahnya bidang perbankan di State University of New York dan Stanford University di Amerika, lantas melanjutkan ke Institute Banking & Finance di Singapura.

Baca Juga: Sempat ciut, BNI pasang target laba bersih dua digit tahun ini

Agus memulai kariernya pada usia 28 tahun di perbankan sebagai Officer Development Program (ODP) di Bank of America, sebagai International Loan Office. Kariernya terus menanjak, pada akhirnya Agus berkerja di Bank Niaga sebagai Vice President, Corporate Banking Group di Surabaya dan Jakarta.

Puncak karier Agus Marto ketika dirinya menjabat sebagai Menteri Keuangan tahun 2010-2013. Terakhir, Agus Marto menduduki Gubernur Bank Indonesia tahun 2013-2018.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Tunggu Gebrakan Agus Martowardojo di BNI"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Yoga Sukmana

 




TERBARU

Close [X]
×