kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fintech Akseleran siap gunakan rekening dana nasabah pada kuartal I-2019


Senin, 26 November 2018 / 17:52 WIB
Fintech Akseleran siap gunakan rekening dana nasabah pada kuartal I-2019
ILUSTRASI. Peluncuran aplikasi Akseleran


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau Akseleran berencana menggunakan rekening dana nasabah (RDN) bagi investor Akseleran di kuartal I-2019. Penggunaan layanan RDN ini akan melibatkan kerjasama dengan PT Bank Permata Tbk.

Co Founder dan CEO Akseleran Ivan Nikolas Tambunan mengatakan saat ini Bank Permata tengah menyiapkan sistem RDN. Menurutnya dari penjajakan kerjasama dengan beberapa perbankan, Bank Permata dinilai yang paling siap dan mempunyai respon positif.

“Kami sedang mengerjakan RDN bersama beberapa bank dan aggregator reksadana. Jadi, nanti perusahaan fintech masing-masing yang mengurusi penggunaan RDN ini,” kata Ivan kepada Kontan.co.id, Senin (26/11).

Selain Akseleran, menurut dia, pemain fintech lain juga tengah menjajaki kerjasama dengan pihak perbankan guna merealisasikan layanan rekening dana atas nama nasabah tersebut. Sebab penggunaan RDN bisa terintegrasi dengan layanan electronic Know Your Customer (e-KYC).

KYC merupakan suatu sistem pengenalan pelanggan untuk mengantisipasi pencucian dana nasabah. Pengenalan pelanggan dari sisi identitas, sumber penghasilan, alamat tempat tinggal, tempat usaha dan lainnya.

“Sebab kalau tidak menggunakan e-KYC, masak pelanggan kami harus datang ke kantor cabang bank untuk buka rekening sendiri. Melalui proses e-KYC, nasabah tidak perlu datang ke bank tinggal mendaftar secara online, tapi bank perlu persiapan untuk merealisasikannya,” ungkap dia.

Namun realisasi pengunaan RDN masih menghadapi sejumlah kendala, terutama penggunannya belum bisa diakses seluruhnya melalui jaringan online. 

Disamping itu, penggunaan rekening saham ini juga harus lebih dahulu mendatangi kantor sekuritas dan kemudian ke kantor cabang bank demi membuka RDN. Maka dari itu Akseleran berupaya membuka rekening dana nasabah yang seluruh bisa diakses online dengan mekanisme e-KYC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×