kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45972,21   -0,45   -0.05%
  • EMAS926.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Fintech Komunal resmi meluncurkan platform Deposito bagi BPR


Rabu, 13 Oktober 2021 / 17:37 WIB
Fintech Komunal resmi meluncurkan platform Deposito bagi BPR
ILUSTRASI. Kerjasama antara Komunal dan Mitra BPR di sela launching platform Deposito BPR.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bantu digitalisasi bagi bank perkreditan rakyat (BPR), fintech Komunal merilis produk Komunal Deposito BPR.  Komunal telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara IKD di dalam klaster Funding Agent.

Hingga saat ini Komunal DepositoBPR telah tersalurkan ke lebih dari 30 BPR dan mencapai lebih dari Rp 24 miliar. Saat ini Komunal sudah menggandeng 60 BPR di Jawa dan Bali dan terus akan berkolaborasi dengan berbagai BPR untuk melanjutkan misinya.

Co-founder and CEO Komunal Hendry Lieviant di dalam sambutannya hari ini menjelaskan bahwa di Indonesia saat ini digitalisasi telah berkembang secara massive di berbagai sektor mulai e-commerce, groceries, hingga Telemedicine.

Selain itu perkembangan pertumbuhan bank-bank digital di Indonesia satu tahun terakhir ini juga berlangsung sangat cepat.

Baca Juga: Awas pinjol ilegal, ini daftar 106 fintech legal dan berizin OJK per 6 Oktober 2021

"Bagaimana dengan kondisi BPR yang ada saat ini? Dengan jumlahnya yang begitu banyak, tentunya BPR memiliki kekuatan untuk terus dapat berkembang, meskipun di era yang sulit ini. Komunal akan terus menggandeng berbagai BPR yang ada untuk turut serta di dalam proses digitalisasi perbankan memperkuat perekonomian Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (13/10).

Tentunya diperlukan sinergi dan kolaborasi oleh semua pihak, baik BPR, OJK, maupun calon-calon nasabah Komunal Deposito BPR. Open minded dan agile menjadi dua kata kunci di dalam mempercepat perubahan yang ada. Pemikiran-pemikiran tradisional mesti terus maju sesuai inovasi- inovasi yang berkembang di dunia teknologi.

Edukasi masyarakat terhadap keamanan menabung di BPR juga sangat penting. Keamanan menabung di BPR dan Bank Umum adalah sama, di mana keduanya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Suku bunga yang dijamin oleh LPS untuk BPR lebih tinggi dibandingkan Bank Umum.

"Per 30 September 2021, LPS menjamin tingkat suku bunga sebesar 6% untuk BPR dan 3.5% untuk Bank Umum. “Awareness masyarakat umum terkait keamanan dan kemudahan menabung di BPR melalui Komunal Deposito BPR perlu terus ditingkatkan.” imbuh Hendry.

Selain itu, hari ini juga dilangsungkan acara penandatanganan kerja sama antara Komunal dan mitra BPR yang baru, guna terus meningkatkan eksposure dari Komunal Deposito BPR. Melalui Komunal Deposito BPR, deposan dari mana pun bisa mendepositkan ke BPR di berbagai daerah.

Baca Juga: Gandeng fintech, perbankan agresif salurkan kredit digital

Komunal tampil sebagai funding agent atau agen pendanaan yang menyediakan platform yang bisa menghubungkan calon deposan dengan institusi finansial di seluruh Indonesia, terutama dengan BPR yang menawarkan berbagai produk pendanaan deposito yang sangat menarik.

Melalui platform Komunal DepositoBPR, Komunal membantu percepatan perekonomian Indonesia. Jika banyak dana masyarakat yang ditempatkan ke BPR di berbagai daerah, tentunya UMKM bisa mendapatkan pendanaan dari BPR dengan lebih mudah dan proses yang lebih cepat. Di sinilah diharapkan roda pertumbuhan ekonomi dapat terus bergulir.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×