kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Freelancer Wajib Miliki Pengetahuan Investasi


Kamis, 17 Juni 2021 / 17:50 WIB
Freelancer Wajib Miliki Pengetahuan Investasi
ILUSTRASI. Investasi bagi semua kalangan, penempatan investasi harus yang terbaik dengan bunga deposito menarik

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer memberikan banyak manfaat, seperti bebas kerja di manapun, kapan pun, dan dapat mengambil banyak pekerjaan sekaligus.

Tetapi, di balik segudang keuntungannya itu, para pekerja freelance lebih rentan menghadapi masa depan. Alasannya, banyak freelancer yang tidak mempersiapkan dana pensiun.

Dari segi keuangan, pendapatan freelancer berbeda dengan pekerja penuh waktu (full-time). Sebab, seorang pekerja lepas akan mendapatkan pemasukan jika ada proyek atau jasa yang bisa mereka kerjakan. Alhasil, otomatis keadaan keuangan bisa saja tidak menentu.

Baca Juga: Kian Marak, Masyarakat Perlu Waspadai Pinjol Ilegal

Oleh karena itu, investasi menjadi suatu kegiatan yang menjanjikan dalam menjaga keuangan di masa depan. Tak heran apabila pekerja lepas juga tertarik untuk melakukannya. Namun, ada beberapa tips investasi yang harus diperhatikan untuk freelancer.

Pertama, daripada mengeluarkan dana lagi untuk mencoba sana-sini, periksa dulu penghasilan Anda sebagai freelancer. Jika masih dirasa kurang, Anda perlu menginvestasikan waktu untuk meningkatkan kemampuan diri.

Fokuskan dana yang sudah ada untuk meningkatkan nilai jasa, meningkatkan keahlian dan kredibilitas, menciptakan identitas dan konten yang berkualitas, menjaga kepercayaan klien, mengembangkan jaringan, dan sebagainya. Dengan nilai jasa yang bertambah, tentu bisa mendatangkan modal investasi yang lebih baik.

Kedua, pahami karakter setiap instrumen investasi. Saat ini, ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa diketahui, seperti emas, reksa dana, saham, deposito, dan lain-lain.

Pahami setiap risiko investasi dari semua instrumen tersebut, karena akan membantu dalam menjalani investasi ke depannya. Dengan begitu, Anda memiliki bekal yang banyak sebelum memulai investasi dengan salah satu instrumen.

Ketiga, Anda pun harus menyisihkan penghasilan untuk asuransi hingga dana pensiun. Pun Anda tak memiliki cuti yang ditanggung oleh perusahaan. Oleh sebab itu, lakukan penghitungan dengan cermat ketika menerima penghasilan Anda.

Keempat, setelah memahami berbagai macam risiko instrumen investasi, tentukan tujuanmu dalam berinvestasi. Tujuan investasi dalam jangka panjang atau hanya jangka pendek saja harus ditentukan dari awal.

Kelima, evaluasi keuangan Anda secara rutin. Perhatikan pos pendapatan dan pengeluaran secara jeli. Perilaku boros tentu juga harus dihindari.

Ingat niat berinvestasi saja belum cukup. Anda juga harus cermat memilih investasi yang tepat. Salah satu program investasi yang tepat bagi freelancer, yakni program deposito dari PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank).

Salah satu investasi yang aman dan dengan modal terjangkau bagi gen Z dan milenial adalah deposito dari J Trust Bank. Terbaru, J Trust Bank menawarkan aneka program deposito dengan bunga spesial di mana dalam salah satu programnya deposan hanya perlu menempatkan dana minimum Rp500.000.

Program tersebut adalah program Special Rate Deposito Rupiah J Trust dengan bunga deposito mencapai 6,50% untuk tenor 3 bulan dan bunga 6,75% untuk tenor 6 bulan. Program ini ditawarkan oleh J Trust Bank 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021.

Dalam program ini, penempatan dana hanya dalam mata uang Rupiah dan hanya berlaku atas nama perorangan. Bunga deposito dalam program ini adalah special rate. Dalam program ini, minimum penempatan dana Rp500.000 dan maksimum Rp20 juta.

Program ini cocok bagi mahasiswa yang mau melakukan investasi sejak dini. Dengan dana yang minim, program Special Rate Deposito Rupiah J Trust juga bisa menjadi tabungan untuk kebutuhan masa depan.

Kepesertaan program ini juga tidak dapat dilakukan break program. Namun, jika terpaksa dilakukan, nasabah dikenakan penalti dan hanya pada bulan berjalan, yakni dengan memberikan suku bunga yang sama dengan suku bunga tiering Tabungan J Trust yang berlaku.

Di samping itu, simpanan nasabah pada bank berlaku peraturan terkait Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan nilai simpanan yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank adalah sesuai dengan yang ditentukan dalam Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Alhasil investasi ini minim risiko sehingga dapat dipertimbangkan untuk masuk portfolio investasi anda. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program - program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×