kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Gandeng Al-Rajhi, Muamalat fasilitas pembayaran dam jemaah haji Indonesia


Jumat, 07 September 2018 / 14:38 WIB

Gandeng Al-Rajhi, Muamalat fasilitas pembayaran dam jemaah haji Indonesia
ILUSTRASI. Teller Menghitung Uang di Bank Muamalat


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperluas kerjasama dengan Al-Rajhi Bank Malaysia (ARBM) untuk mendorong bisnis pengiriman uang (remmitance) dari dan ke Arab Saudi. Dalam kerjasama kali ini, salah satu fitur unggulannya adalah pembayaran dam bagi jemaah haji asal Indonesia.

Sekadar informasi, dam adalah denda yang wajib dibayar oleh jemaah haji. Alasan jemaah haji membayar dam salah satunya karena melaksanakan umrah terlebih dahulu atau dikenal dengan istilah Haji Tamattu. Selama ini pembayaran dam dilakukan langsung di Arab Saudi.


Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, melalui kerjasama ini jemaah haji dapat membayar dam terlebih dahulu sebelum berangkat ke Tanah Suci melalui fasilitas yang disediakan oleh Bank Muamalat. Untuk tahap awal, fasilitas ini bisa digunakan oleh jemaah haji khusus melalui perantara penyelenggara ibadah haji khusus atau travel haji khusus.

Permana menegaskan, Bank Muamalat merupakan bank pertama yang memfasilitasi pembayaran dam untuk jemaah haji asal Indonesia sebelum tiba di Tanah Suci. “Kami berharap layanan ini dapat semakin memudahkan jemaah sehingga dapat lebih khusyuk dalam beribadah, ungkapnya dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (7/9).

Penandatanganan nota kesepahaman "Saudi Arabia Riyal (SAR) Remittance and Hajj & Umrah Payment Solutions" antara Bank Muamalat dan Al-Rajhi Bank Malaysia dilaksanakan pada hari Rabu, (5/8) di Kuala Lumpur Malaysia. Al-Rajhi Bank Malaysia merupakan koresponden Al-Rajhi Arab Saudi.

Al-Rajhi menyediakan kanal pembayaran yang bekerjasama dengan Adahi selaku pengelola dan pendistribusi daging kurban hasil pembayaran dam. Adahi dikelola oleh Islamic Development Bank Group (IDB) sejak 1983 dan bekerja sama dengan pihak berwenang Saudi.

Bank Muamalat telah bekerjasama dengan lebih dari 4 asosiasi dan 157 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus/Travel sebagai target pasar dalam pembayarah dam ini. Kerjasama ini antara lain mengenai pengiriman uang dari Al-Rajhi Malaysia ke Al-Rajhi Arab Saudi menggunakan platform Amanah Gateway.

Di luar musim haji, Amanah Gateway dapat digunakan untuk pengiriman riyal antar penyelenggara haji (business to business) dari Indonesia ke Arab Saudi.

Sebagai informasi, Al Rajhi merupakan bank Islam terbesar di dunia yang didirikan oleh Sulaiman Al-Rajhi pada tahun 1958. Majalah Forbes pernah menobatkan Sulaiman Al-Rajhi sebagai orang ke-120 terkaya di dunia. Secara total Al Rajhi menyediakan lebih dari 3.600 mesin ATM dan memiliki 130 pusat pengiriman uang di seluruh wilayah Arab Saudi.

Bank Muamalat terus mengembangkan layanan-layanan yang mempermudah nasabah dalam menjalankan ibadah Haji dan Umroh. Selain sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS-BPIH), Bank Muamalat juga telah meluncurkan kartu 1hram sebagai kartu yang memudahkan segala transaksi jemaah di Tanah Suci.

Mulai dari ATM berbahasa Indonesia, gratis biaya tarik tunai hingga tiga kali di seluruh ATM berlogo VISA/Plus dengan maksimal transaksi 250 riyal, serta subsidi belanja sebesar 15% hingga 250.000 di toko dan merchant berlogo VISA/Plus di Arab Saudi.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor: Narita Indrastiti

Video Pilihan


Close [X]
×