kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Dukcapil, UangTeman tingkatkan keamanan data nasabah


Kamis, 11 Juni 2020 / 14:09 WIB
Gandeng Dukcapil, UangTeman tingkatkan keamanan data nasabah
CEO & Founder UangTeman Aidil Zulkifli saat Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Data Kependudukan Ditjen Dukcapil bersama dengan 13 lembaga pengguna yang dilakukan secara virtual di Jakarta.


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Digital Alpha Indonesia (UangTeman) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri terkait akses pemanfaatan data kependudukan.

Kerjasama ini merupakan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna meningkatkan inklusi keuangan yang diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan keuangan secara digital.

Asal tahu saja, perjanjian kerjasama ini meliputi pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), data kependudukan juga KTP elektronik dalam lingkup layanan Uang Elektronik.

Baca Juga: UangTeman sebut wabah corona tak menghambat bisnis mereka

CEO & Founder UangTeman Aidil Zulkifli menyebutkan, melalui kerjasama itu nantinya diharapkan bisa meningkatkan layanan maupun keamanan data nasabah UangTeman.

“Kerjasama ini membuat UangTeman optimistis untuk memberikan layanan keuangan, sekaligus meningkatkan keamanan data nasabah. Dengan validasi yang lebih akurat, proses verifikasi calon nasabah akan lebih mudah dan akurat,” ujar Aidil dalam siaran resmi Kamis (11/6).

Ia menambahkan, tujuan kerjasama ini karena pihaknya hendak selektif menyalurkan pinjaman. Oleh karenanya, dalam menghadapi new normal perusahaan akan berupaya untuk membantu perekonomian dengan menjamah masyarakat yang belum terlayani oleh industri keuangan konvensional maupun underbanked.

Sementara itu, SVP Corporate Affairs UangTeman Roberto Sumabrata menambahkan, kerjasama fintech dengan Ditjen Dukcapil menjadi kesempatan untuk menguatkan proses verifikasi data yang dimiliki oleh UangTeman.

“Dengan proses digitalisasi yang sangat pesat, masyarakat berharap pelayanan semakin cepat dan efisien. Namun di sisi lain, penyelenggara platform online juga perlu memberikan jaminan keamanan serta akurasi data demi perlindungan data pribadi nasabah yang saat ini sudah dalam tahap pembuatan rancangan undang-undang,” kata Roberto.

Baca Juga: UangTeman catatkan peningkatan peminjam 40% di tengah wabah corona

Roberto bilang, melalui kerjasama itu nantinya UangTeman akan meningkatkan kualitas layanan keuangan serta keamanan data nasabah. Melalui kerjasama ini pula, nantinya akan meningkatkan proses verifikasi dan validasi terhadap data calon nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×