kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Gelar RUPST, Berikut Perubahan Susunan Komisaris dan Direksi KB Bank (BBKP)


Rabu, 03 Juli 2024 / 11:55 WIB
Gelar RUPST, Berikut Perubahan Susunan Komisaris dan Direksi KB Bank (BBKP)
ILUSTRASI. PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) melakukan perombakan susunan komisaris dan direksi dalam RUPST tahun buku 2023.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA- PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) atau KB Bank telah melakukan perombakan susunan komisaris dan direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 yang digelar pada Jumat (2/7).

Dalam rapat tersebut, perseroan menerima dengan hormat pengunduran diri Eugene K. Galbraith sebagai Komisaris Independen dan mengakhiri masa jabatan Sukriansyah S. Latief sebagai Komisaris Independen, efektif sejak penutupan RUPST. 

Selain itu, perseroan menyetujui pengangkatan kembali Jerry Marmen sebagai Komisaris Utama dan Stephen Liestyo sebagai Komisaris Independen untuk periode 2024-2027.

Baca Juga: Induk Usaha KB Bank Syariah Buka Suara Terkait Wacana Diakuisisi Muhammadiyah

Pada jajaran direksi, pengunduran diri Young Eun Moon dan Yohanes Suhardi sebagai Direktur Perseroan diterima dengan hormat, efektif sejak penutupan RUPST. Perseroan juga menyetujui pengangkatan kembali Robby Mondong sebagai Wakil Direktur Utama dan Henry Sawali sebagai Direktur untuk periode 2024-2027.

"Mewakili perseroan, kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Bapak Eugene K. Galbraith, Bapak Sukriansyah S. Latief, Bapak Young Eun Moon, dan Bapak Yohanes Suhardi atas pengabdian, kontribusi, dan dedikasi yang diberikan selama menjabat sebagai pengurus Perseroan," ungkap Direktur Utama KB Bank, Tom (Woo Yeul) Lee dalam keterangan resminya pada Selasa (2/7).

Perubahan pengurus ini efektif setelah memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam POJK Nomor 27/POJK.03/2016 tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Bagi Pihak Utama Lembaga Jasa Keuangan, serta POJK Nomor 37/POJK.03/2017 tentang Pemanfaatan Tenaga Kerja Asing dan Program Alih Pengetahuan di Sektor Perbankan.

Baca Juga: KB Bank Berikan Pinjaman Kredit Rp 718,53 Miliar ke Sejahter Anugrahjaya (SRAJ)

Selain perubahan pengurus, RUPST juga menyetujui Laporan Tahunan Perseroan, termasuk Laporan Tugas Pengawasan yang dilaksanakan oleh Dewan Komisaris, serta mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

KB Bank terus menunjukkan peningkatan kualitas aset dengan penurunan jumlah kredit berkualitas rendah (loan at risk) sebesar Rp 7,5 triliun, sehingga rasio LAR membaik dari 49,2% menjadi 39,2% pada akhir tahun 2023. 

Dalam ekspansi kredit, perseroan mencatat pertumbuhan kredit baru sebesar 20%, dari Rp 7,7 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp 9 triliun di tahun 2023, yang mendorong pertumbuhan pendapatan bunga sebesar 18%, dari Rp 3,7 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp 4,4 triliun pada tahun 2023.

Efisiensi beban biaya juga tercatat dengan penurunan beban operasional sebesar 9%, dari Rp2,2 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp2 triliun pada tahun 2023. 

Baca Juga: Fitch Beri KB Bank Peringkat Investment Grade, Analis Bilang Fundamental Membaik

"Dengan sejumlah perbaikan dan pertumbuhan yang telah dicapai, perseroan optimis untuk terus tumbuh secara berkesinambungan sesuai dengan target-target yang ditetapkan dan berbagai dinamika bisnis ke depannya," tambah Tom (Woo Yeul) Lee.

Berikut susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi KB Bank

Dewan Komisaris

Komisaris Utama                    Jerry Marmen

Wakil Komisaris Utama          Seng Hyup Shin*

Komisaris                               Nanang Supriyatno

Komisaris Independen            Stephen Liestyo

Komisaris Independen            Tippy Joesoef

Komisaris Independen            Hae Wang Lee

Baca Juga: Direktur Bisnis dan UKM KB Bank Mengundurkan Diri

Direksi

Direktur Utama                 Woo Yeul Lee

Wakil Direktur Utama        Robby Mondong

Direktur                             Dodi Widjajanto

Direktur                             Henry Sawali

Direktur                             Jung Ho Han

Direktur                             Jang Hyuk Im*

Direktur                             Helmi Fahrudin

Selanjutnya: Superbank Raih Tambahan Investasi dari Grab, Singtel & KakaoBank, Dorong Inovasi

Menarik Dibaca: 2 Resep Honey Chicken Rice Bowl Super Praktis dan Mudah Dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×