kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.528.000   8.000   0,53%
  • USD/IDR 16.240   -40,00   -0,25%
  • IDX 7.037   -29,18   -0,41%
  • KOMPAS100 1.050   -5,14   -0,49%
  • LQ45 825   -5,35   -0,64%
  • ISSI 214   -0,85   -0,40%
  • IDX30 423   -1,15   -0,27%
  • IDXHIDIV20 514   0,87   0,17%
  • IDX80 120   -0,69   -0,57%
  • IDXV30 125   1,36   1,09%
  • IDXQ30 142   0,26   0,18%

Genjot dana murah, bank bebaskan biaya adminitrasi


Rabu, 12 November 2014 / 11:01 WIB
Genjot dana murah, bank bebaskan biaya adminitrasi
ILUSTRASI. Susu almond baik diminum setiap hari.


Reporter: Issa Almawadi, Nina Dwiantika | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Perbankan tidak kehilangan akal untuk menjaring dana murah nasabah. Beberapa bank memberikan layanan bebas biaya administrasi untuk menggenjot tabungan. Misal, BRI Syariah.

Lukita T Prakasa, Sekretaris Perusahaan BRI Syariah menyatakan, pihaknya memiliki fitur serba gratis pada produk tabungan Faedah. Tabungan ini membebaskan nasabah dari biaya administrasi bulanan, biaya transfer dari mesin ATM mana pun, biaya tarik tunai di ATM apa pun. Jadi, seluruh transaksi nasabah gratis.

"Selama ini, biaya transaksi di ATM Bersama dan ATM Prima ditanggung oleh BRI Syariah," kata Lukita kepada KONTAN, Selasa (11/11). Dulu, fasilitas serba gratis itu berlaku bagi seluruh nasabah BRI Syariah. Namun, sejak terjadi kenaikan tarif ATM per 1 November 2014 lalu, BRI Syariah memberikan fasilitas serba gratis terhadap nasabah dengan minimal saldo Rp 500.000.

Strategi bebas biaya terbukti manjur meningkatkan tabungan Faedah. Per Oktober 2014, nilai simpanan di tabungan Faedah mencapai Rp 3,43 triliun, naik sebesar 36% dari periode sama tahun lalu.

Bank International Indonesia (BII) memakai strategi sama. Lani Darmawan, Direktur Ritel BII mengatakan, fasilitas bebas biaya administrasi tidak diberlakukan kepada seluruh nasabah. "Kami menerapkan relationship based pricing. Jadi untuk beberapa nasabah bisa saja di bebaskan biaya administrasinya," jelas Lani.

Contoh, nasabah BII yang tercatat sebagai deposan sekaligus debitur, tergolong nasabah yang masuk kategori total relationship. Lani bilang, fasilitas bebas biaya selama ini cukup ampuh menarik minat nasabah untuk mengendapkan lebih banyak dana.

Rico Usthavia Frans, Senior EVP Transactional Banking Bank Mandiri mengatakan, pihaknya tidak memberikan fasilitas bebas biaya transaksi. Alasannya, Bank Mandiri menjadikan biaya sebagai salah satu sumber pemasukan pendapatan komisi (fee based income). Strategi Bank Mandiri menggaet nasabah tabungan adalah memberikan promosi melalui fiesta poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×