kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,12   3,78   0.40%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup Modalku Salurkan Pendanaan Tembus Rp 41,2 Triliun untuk UMKM


Rabu, 18 Januari 2023 / 13:31 WIB
 Grup Modalku Salurkan Pendanaan Tembus Rp 41,2 Triliun untuk UMKM
ILUSTRASI. CEO Modalku Reynold Wijaya.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform pendanaan digital Grup Modalku menutup tahun 2022 dengan penyaluran pendanaan sebesar lebih dari Rp 41,2 triliun kepada lebih dari 5,1 juta total transaksi Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka penyaluran pendanaan Grup Modalku mengalami pertumbuhan sebesar lebih dari 40%. Hal ini menunjukan tingginya kebutuhan UMKM terhadap akses pendanaan.

Co-Founde & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, tahun 2022 bukanlah tahun yang mudah. Namun, Modalku bersyukur karena di tengah kondisi ekonomi yang penuh dinamika, Modalku berhasil mendapatkan pendanaan di awal tahun dari investor yang mampu memberi kesempatan bagi Modalku untuk tumbuh dan bertahan di tahun ini.

"Tahun 2022 juga tahun kolaborasi, di mana Modalku banyak menjalankan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak," kata Reynold dalam keterangan resmi, Rabu (18/1).

Baca Juga: Menutup 2022, Modalku Catat 230.000 Pemberi Dana

Sementara itu, COO Modalku Iwan Kurniawan menuturkan, di Indonesia penyaluran pendanaan Modalku telah didistribusikan ke berbagai industri UMKM. Industri UMKM yang paling banyak didanai oleh Modalku didominasi oleh sektor perdagangan, baik grosir dan eceran, termasuk pengusaha online sebesar 55%.

Kemudian diikuti dengan sektor jasa, termasuk industri pengolahan, konstruksi, serta pengangkutan dan pergudangan sebesar 44%. Sedangkan sektor kehutanan dan perikanan sebesar 1%.

Iwan menerangkan, area penyaluran dana Modalku tidak hanya berfokus di Pulau Jawa, namun juga menjangkau hingga ke luar Pulau Jawa.

Beberapa area di luar Pulau Jawa yang paling banyak didanai oleh Modalku antara lain Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×