kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Februari, BRI Kantongi Fee Based Income Rp 231 Miliar dari Agen BRILink


Rabu, 29 Maret 2023 / 14:01 WIB
Hingga Februari, BRI Kantongi Fee Based Income Rp 231 Miliar dari Agen BRILink
ILUSTRASI. Pekerja informal melakukan pengiriman uang melalui agen BRILInk di Pasanggrahan Jakarta, Selasa (01/11/2022). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/11/2022.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga akhir Februari 2023, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tercatat memiliki 640.000 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. Sepanjang Januari-Februari 2023, agen-agen tersebut mencatatkan sebanyak 158 juta transaksi finansial dengan volume transaksi mencapai Rp 205 triliun. Dana murah yang dapat dihimpun oleh agen mencapai Rp 18,61 triliun.

Aestika Oryza Gunarto Sekretaris Perusahaan BRI  mengatakan, fee based income yang diperoleh BRI melalui AgenBRILink sebesar Rp 231 miliar dalam 2 bulan pertama di tahun 2023, dimana pendapatan yang diterima para agen bisa mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima BRI.

"Pada tahun 2023, strategi pengembangan AgenBRILink lebih berfokus pada penguatan ekosistem mikro dengan adanya partnership dengan Mantri sebagai tenaga pemasar BRI untuk segmen mikro," kata Aes kepada kontan.co.id belum lama ini.

Menurutnya, dengan 640 ribu AgenBRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dan kolaborasi dengan Mantri BRI nantinya diharapkan dapat membangun ekosistem ekonomi mikro yang kuat, salah satunya dalam penyaluran pinjaman melalui AgenBRILink Mitra UMi.

Baca Juga: BNI Salurkan Bantuan Sembako Tahap I dan II 2023 Sebesar Rp 1,8 Triliun

AgenBRILink Mitra UMi adalah Agen yang difokuskan untuk menyalurkan pinjaman Ultra Mikro kepada masyarakat, sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal penyediaan modal usaha untuk menghindari praktek rentenir. 

Selain itu, untuk peningkatan kualitas layanan AgenBRILink terus memberikan inisiatif dan terobosan baru dengan menambah fitur produk/layanan dan memaksimalkan partnership dengan BRI Grup yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan penetrasi bisnis digital sehingga AgenBRILink dapat memaksimalkan perannya dari sekedar banking assistance menjadi sales/pemasar. 

Jumlah AgenBRILink yang terus bertambah, perlu adanya peningkatan dan maintenance loyalitas konsumen AgenBRILink agar lebih kompetitif. Pengetahuan AgenBRILink tentang produk dan marketing skill pun perlu dikalibrasi seiring dengan bertambahnya produk dan layanan BRILink. Hal ini akan diakomodir dengan adanya aplikasi BRILinkers sebagai wadah bagi Agen untuk sharing produk, layanan dan ide di antara AgenBRILink. 

Meskipun AgenBRILink dekat dan melayani pasar mikro BRI, AgenBRILink bukan hanya menjadi enabler untuk segmen tertentu, namun sebagai business collaborator yang melayani bisnis untuk BRI Group dan menjadi center of community, menjual produk konsumer dan UKM, dan menyediakan bisnis tambahan untuk AgenBRILink melalui kemitraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×