kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Idul Adha, Bank DKI salurkan 1.000 hewan kurban


Minggu, 11 Agustus 2019 / 11:38 WIB

Idul Adha, Bank DKI salurkan 1.000 hewan kurban
ILUSTRASI. Ilustrasi penyembelihan daging hewan kurban

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI menyalurkan 1.000 ekor domba kurban ke 100 masjid yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. Hal itu sebagai wujud kepedulian sosial bank ini dalam rangka Idul Adha 1440 H.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi mengatakan, Idul Adha merupakan salah satu momen tepat untuk berbagi dan peduli dengan sesama.

“Kurban merupakan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Oleh karena itu, arti Kurban bagi bank DKI yakni mendekat kepada Allah SWT dan mendekat kepada nasabah,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (11/8).

Baca Juga: Masih lebih suka membeli hewan kurban di kandang ketimbang aplikasi

Untuk memudahkan masyarakat yang memiliki niat dalam berkurban, Bank DKI menganjurkan agar biaya pembelian hewan kurban tersebut dapat ditabung sejak dini. Babay Parid bilang, Bank DKI memiliki produk Tabungan Kurban Sejahtera yang akan memudahkan masyarakat dalam berkurban.

Di sisi lain, kurban juga berdampak terhadap kegiatan sosial dan ekonomi. Maklum, tingkat konsumsi daging nasional masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita. Tingkat konsumsi daging di Malaysia (52,3 kg), Filipina (33 kg) Thailand (25,8 kg), sedangkan Indonesia masih di angka 11,6 kg perkapita per tahun. 

"Diharapkan, dengan semakin meningkatnya budaya berkurban, di masa yang akan datang tingkat konsumsi daging masyarakat Indonesia akan sejajar dengan negara-negara lainnya,” tambah Babay Parid.

Baca Juga: Pemprov DKI akan bagikan daging kurban siap saji hasil olahan koki hotel berbintang

Selain berkurban, Bank DKI juga turut menyediakan akses layanan perbankan bagi masjid-masjid di DKI Jakarta. Pada awal tahun 2019, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta menyalurkan dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta.

Dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) tersebut disalurkan kepada 3.148 Masjid dan 1.000 Musholla dengan nilai sebesar Rp 87,5 miliar. Dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah tersebut telah disalurkan melalui tabungan Monas iB Umum Non Perorangan Bank DKI Syariah.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×